Jumat, 06 Januari 2012

RPP Seni Rupa SMA X berkarakter


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya (Seni Rupa )
Kelas/Semester      : X / 2
Alokasi Waktu         : 


Standar Kompetensi
9.      Mengapresiasi karya seni rupa


Kompetensi Dasar
9.1    Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Mendeskripsikan karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara sesuai dengan kehidupan sosial budayanya
§  Mengklasifikasi fungsi seni terapan daerah masing-masing berdasarkan sosial budayanya
§  Mendeskripsikan secara tertulis karya seni terapan salah satu wilayah Nusantara.


A.  Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
§  menyebutkan  dan menjelaskan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias.
§  menyebutkan dan menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias.
§  menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias.
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab. 

  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.



B.   Materi Pembelajaran
§  Bahan  seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman.
§  Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang.
§  Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan diskusi, latihan, praktik.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
§ Pengertian Seni Terapan
§ Unsur seni
§ Fungsi dan tujuan seni
§ Jenis Terapan
·   Seni terapan wilayah Nusantara
Contoh : Karya daerah Jawa Barat dan Lombok
§ Siswa dapat Pengertian seni
§ Siswa dapat Fungsi seni terapan di wilayah Nusantara
§ Siswa dapat Beda seni murni dan terapan di Wilayah Nusantara
§ Siswa dapat Mengklasifikasi karya seni terapan daerah daerah Nusantara
·   Siswa dapat Menuliskan karya seni terapan Nusantara berdasarkan sosial budayanya

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang seni rupa terapan di wilayah Nusantara


Pertemuan pertama
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Siswa membaca materi tentang bahan, teknik, dan nilai karya seni Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 63—71).
·      Siswa membuka internet dan mencari situs yang memuat profil pusat kerajinan Nusantara.
Elaborasi

Baca juga artikel di bawah ini

Blog Archive