( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa )
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi Dasar
9.1 Mengidentifikasi
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
Indikator Pencapaian Kompetensi :
§ Mendeskripsikan karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara sesuai dengan
kehidupan sosial budayanya
§ Mengklasifikasi fungsi seni terapan daerah masing-masing berdasarkan sosial
budayanya
§
Mendeskripsikan secara tertulis karya seni terapan salah satu wilayah Nusantara.
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
§ menyebutkan dan
menjelaskan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias.
§ menyebutkan dan
menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias.
§ menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam
berbagai karya seni hias.
Nilai Karakter
Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
§ Bahan seni hias, seni patung, seni wayang, seni
sesajen, seni tembikar, seni anyaman.
§ Teknik seni anyaman,
seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang.
§ Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni
sesajen, seni wayang.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan diskusi, latihan, praktik.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah
Nusantara
|
§ Pengertian Seni Terapan
§ Unsur seni
§ Fungsi dan tujuan seni
§ Jenis Terapan
·
Seni terapan wilayah
Nusantara
Contoh : Karya daerah Jawa Barat dan Lombok
|
§ Siswa dapat Pengertian seni
§ Siswa dapat Fungsi seni terapan di wilayah Nusantara
§ Siswa dapat Beda seni murni dan terapan di Wilayah Nusantara
§ Siswa dapat
Mengklasifikasi karya seni terapan daerah
daerah Nusantara
·
Siswa dapat Menuliskan karya seni terapan Nusantara berdasarkan sosial budayanya
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak
mengingat pemahaman tentang keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah
Nusantara
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi
ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang seni rupa terapan di wilayah Nusantara
Pertemuan pertama
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa membaca materi
tentang bahan, teknik, dan nilai karya seni Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 63—71).
·
Siswa membuka internet dan mencari situs yang memuat profil pusat kerajinan Nusantara.
Elaborasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar