RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar:
1.1.
Menjelaskan
keunikan gagasan dan teknik dalam karya
seni rupa modern/kontemporer
1.2.
Menjelaskan
perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3.
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
§
Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
modern/kontemporer
§
Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§
Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern
/kontemporer)
§
Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
- Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer
Alokasi Waktu:
6 jam pelajaran (3 x
pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§ Menjelaskan perkembangan seni rupa
modern/kontemporer Mancanegara
§ Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
modern/kontemporer
Nilai
Karakter Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1, 2 dan
3
§ Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa
modern
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok,
tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengapresiasi karya seni rupa
|
·
Menyebutkan Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
|
·
siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa
modern
|
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan
3
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan
tentang Keunikan gagasan dan teknik
karya seni rupa modern
Motivasi:
§ Memotivasi
siswa pentingnya mempelajari cara menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
siswa dapat menjelaskan
keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§
siswa dapat Menyebutkan latar belakang lahir seni
rupa modern/kontemporer
§
siswa dapat Mejelaskan dan menguraikan perkembangan
seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§
siswa dapat Menyebutkan aliran-aliran seni rupa
mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§
Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§
Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket
Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis :
kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen :
pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang
disebut seni rupa!
b. Sebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer!
c. Jelaskan dan
Sebutkan cara penilaian karya seni rupa
modern dan kontemporer ?
d. Sebutkan
aliran-aliran seni rupa mancanegara ?
Perhitungan nilai
akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor
ideal (100)
Mengetahui, Woha, Agustus 2011
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi:
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi Dasar:
2.1.
Merancang
karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni
rupa Nusantara
2.2.
Membuat
karya seni rupa murni dan
terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
§ Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa
§ Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan
sebagai bahan untuk merancang
§ Menyebutkan macam-macam rancangan dalam
penggunaan
§ Membuat karya seni rupa murni dan terapan
Alokasi Waktu:
§ 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang
dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
§ Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang
dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
Nilai
Karakter Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi
Pembelajaran
§ Merancang karya seni rupa murni dan terapan.
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok,
tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengapresiasi karya seni rupa
|
·
Menyebutkan Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
|
·
siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa
modern
|
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan
tentang Keunikan gagasan dan teknik
karya seni rupa modern
Motivasi:
§ Memotivasi
siswa pentingnya mempelajari cara menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§
siswa dapat menerangkan merancang dan membuat karya seni rupa murni dan
terapan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§
siswa dapat Menyebutkan latar belakang lahir seni
rupa modern/kontemporer
§
siswa dapat Mejelaskan dan menguraikan perkembangan
seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§
siswa dapat Menyebutkan aliran-aliran seni rupa
mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§
Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§
Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket
Seni Budaya XII
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis :
kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen :
pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan maksud
merancang karya seni rupa ?
b. Sebutkan karya
seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang ?
Perhitungan nilai
akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor
ideal (100)
Mengetahui, Woha, Agustus 2011
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Seni Rupa
Kelas/Semester :
XII/2
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
9. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
9.1. Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
9.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
9.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Indikator :
§ Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa modern dan kontemporer
§ Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni
modern/kontemporer di Indonesia
§ Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
§ Menjelaskan perbedaan secara tertulis
seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer
§ Menjelaskan proses perkembangan
karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di
Indonesia
§ Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
§ Menjelaskan corak seni rupa
modern/kontemporer Indonesia
§ Membuat laporan tertulis perkembanagan seni rupa modern /kontemporer di
Indonesia
§ Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa
seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
§ Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer
di Indonesia
§ Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni
rupa modern / kontemporer di Indonesia
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
Mengidentifikasi
perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa
modern dan kontemporer
Membuat klasifikasi seni
tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
Menjelaskan perbedaan
secara tertulis seni rupa tradisional
dengan modern /kontemporer
Membuat tulisan corak
dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
Menjelaskan proses
perkembangan karya seni
rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
Mengidentifikasi konsep
penciptaan seni rupa
modern/kontemporer di Indonesia
Mendeskripsikan corak
seni rupa modern/kontemporer Indonesia
Menyampaikan
tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer
di Indonesia
Membuat tulisan berupa
tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa
ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
v Seni rupa tradisional, modern / kontemporer
·
Pengertianseni rupa
terdisional, modern dan kontemporer
·
Perbedaan corak atau
gaya seni rupa tradisional dengan modern kontemporer
·
Tulisan tentang seni
rupa tradisional, modern dan kontempore
Materi Pembelajaran
v Perkembangan karya seni rupa tradisional,
modern/kontemporer
·
Sejarah perkembangan
seni rupa modern/ kontemporer Indonesia
·
Konsep penciptaan karya
seni rupa modern / kontemporer
·
Ciri seni rupa modern
/kontemporer
·
Aliran-aliran seni rupa
modern kontemporer
v Apresiasi karya seni rupa modern /kontemporer di
Indonesia:
·
Apresiasi karya seni
rupa modern/kontemporer
o Proses pengamatan dalam berapresiasi
o Pendekatan apresiasi
·
Jenis karya seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
·
Kunjungan Pameran
·
Penilaian karya seni rupamodern/ kontemporer
Indonesia
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membandingkan seni
rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
·
Menjelaskan
perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik dalam karya seni rupa modern
/ kontemporer di Indonesia
|
· Mendiskusikan mengenai seni rupa tradisional Indonesia dengan modern atau
kontemporer
· Diskusi kelompok Konsep seni rupa modern
· Menuliskan tanggapan berdasarkan :
o
Prinsip-prinsip seni
rupa
o
Unsur-unsur seni rupa
o
Komposisi
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi corak
dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
· Siswa dapat Mengidentifikasi
konsep penciptaan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
· Siswa dapat Membuat tulisan berupa
tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer
di Indonesia
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·
Guru membuka kegiatan
belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan
menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap
angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka
lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa
memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menjelaskan arti
“seni rupa Nusantara” dengan peta konsep (hlm. 2).
·
Siswa ditugasi mencari
informasi dengan kata kunci “seni rupa Nusantara” di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
·
Siswa mengumpulkan hasil
pencarian informasi dari internet.
· Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan
selanjutnya. Guru memperingatkan siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan
tentang seni rupa Nusantara.
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Menjelaskan perkembangan
seni rupa Modern / kontemporer di Indonesia
·
Menjelaskan aliran aliran seni rupa modern /
kontemporer di Indonesia
·
Mengklasifikasi karya
seni tradisional dengan Modern / kontemporer
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Mendiskusikan mengenai
seni rupa tradisional Indonesia dengan modern atau kontemporer
·
Membuat tulisan karya
seni rupa tradisional, modern dan kontemporer
·
Mendiskusikan
secara kelompok Konsep seni rupa modern
·
Mendiskusikan secara
kelompok menanggapi hasil karya seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·
Menyimpulkan pengertian
seni rupa tradisional dan modern / kontemporer
·
Kunjungan pameran seni
rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia (dilakukan diluar waktu yang
tersedia)
·
Menuliskan tanggapan berdasarkan :
o
Prinsip-prinsip seni
rupa
o
Unsur-unsur seni rupa
o
Komposisi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai
prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
·
Siswa secara individual
mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·
Siswa bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
·
Menarik kesimpulan
materi.
Sumber Belajar
Buku seni rupa, Media elektronik, Media cetak, Budaya setempat
Karya seni, kliping, Audio visual,lembar kerja ,hasil
kerja siswa,bahan presentasi
Dasar-dasar Kritik Seni Rupa .Pemerintah DKI, Dinas Museum dan
Sejarah 1979
Penilaian
- Tugas Individual,
- Tugas kelompok
- Presentasi,
- Laporan tertulis
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|||
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
||||
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|||
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
||||
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
||||
Profil rumah mudah dipahami
|
||||
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
||||
Jumlah Nilai
|
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|||
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|||
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|||
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|||
Jumlah Nilai
|
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|||
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|||
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|||
Definisi bersifat objektif
|
|||
Jumlah Nilai
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, Woha, Agustus 2011
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Seni Rupa
Kelas/Semester :
XII/2
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
10. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
10.1. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam
corak dan teknik seni rupa
10.2. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam
unsur seni rupa Nusantara
10.3. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar
sekolah
10.4. Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau
luar sekolah
Indikator :
- Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
- Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
- Membuat karya seni rupa terapan yang digali dari beragam corak seni
- Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
- Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
- Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya
- Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer yang akan dipamerkan
- Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
- Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern / kontemporer di kelas
- Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer bersama yang dikembangkan dari hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
- Mengidentifikasi keguanaan pameran seni terapan
- Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
2. Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
3. Membuat karya seni rupa terapan yang
digali dari beragam corak seni
- Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
5. Membuat karya seni rupa murni yang
di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
6. Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni
rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan
masyarakat dan budayanya
7. Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer yang akan dipamerkan
8. Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
9. Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern / kontemporer di kelas
10. Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer
- bersama yang dikembangkan dari hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
12. Mengidentifikasi kegunaan pameran seni terapan
13. Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar
proyeksi
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa
ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
·
Hasil kreasi seni rupa
murni dan terapan
·
Desain karya / sketsa
karya seni rupa murni dan terapan
·
Bahan dan alat yang
diperlukan
·
Langkah-langkah membuat
karya seni rupa murni/ terapan
·
Unsur-unsur seni rupa
Nusantara
·
Langkah-langkah membuat
karya seni rupa murni/ terapan dari salah satu unsur
·
Karya seni rupa murni
dan terapan dengan menggabungkan beberapa unsur sesuai kebutuhan masyarakat dan budayanya
v Pameran dan kreasi seni rupa tradisi,modern dan kontemporer :
· Tujuan dan Fungsi Pameran seni rupa tradisi, modern dan kontemporer
· Kepanitia dan penyiapan karya
· Waktu dan tempat pameran
· Lingkup pameran dan jenis pameran
· Perencanaan kerja dan penyiapan
tempat pameran
v Pameran dan kreasi seni rupa tradisi,modern dan kontemporer:
·
Persiapan Pameran
·
Tema Pameran
·
Rencana kegiatan pameran
·
Susunan program pameran
·
Teknik Pengaturan Tata
Letak Pameran
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain, mengerjakan latihan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membuat karya seni
rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni
rupa
·
Membuat karya seni
rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa
Nusantara
·
Menyiapkan karya seni
rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah
·
Menata karya seni rupa
yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah
|
· Menentukan fungsi benda-benda seni
terapan
· Membuat karya seni terapan yang dikembangkan dari corak seni rupa Nusantara
· Menentukan tema kegiatan pameran
· Menyusun pelaksaan Pameran Seni Tradisi, modern/kontemporer
· Menentukan tata letak dan pencahayan
|
· Siswa dapat Membuat karya seni
rupa terapan yang digali dari beragam
corak seni
· Siswa dapat Membuat karya seni
rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan
budayanya
· Siswa dapat Membuat Menyiapkan
pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern / kontemporer di kelas
· Siswa dapat Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer bersama yang dikembangkan dari hasil karya sendiri di kelas atau di
sekolah
|
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·
Guru menanyakan
pengalaman pribadi siswa jika mereka pernah melihat karya seni masa kini yang
memiliki pengaruh budaya masa lalu, atau karya seni di Indonesia yang memiliki
pengaruh budaya dari luar Indonesia.
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru membagi siswa dalam
beberapa kelompok untuk mengunjungi museum atau pameran seni (Latihan VI dan
VII hlm. 32).
·
Siswa mengamati berbagai
karya seni dan membuat portofolio secara berkelompok berupa dokumentasi dan
catatan-catatan. Hasil portofolio dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru menugaskan siswa
untuk memikirkan karya seni yang akan mereka buat sendiri (seni dengan pengaruh
budaya tertentu) dan membawa bahan-bahan untuk berkarya pada pertemuan
selanjutnya.
Pertemuan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Menentukan bentuk benda
seni murni dan terapan
·
Mengembangkan teknik dan
corak membuat karya seni murni terapan
·
Menentukan fungsi
benda-benda seni terapan
·
Menentukan bahan
pembuatan karya seni murni terapan
·
Berkreasi seni murni
dengan beragam corak
·
Menentukan jenis seni
murni dan terapan Menentukan fungsi seni terapan yang dikembangkan dari seni Nusantara
·
Menentukan bahan
pembuatan karya seni murni dan terapan
·
Menentukan teknik
pembuatan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Membuat karya seni
terapan yang dikembangkan dari corak
seni rupa Nusantara
·
Merencanakan pameran
kreasi seni rupa tradisi,modern/kontemporer
·
Membentuk panitia
pameran di kelas atau sekolah
·
Menentukan tema kegiatan pameran
·
Menentukan tempat
pameran
·
Persiapan Pameran
·
Menyusun pelaksaan
Pameran Seni Tradisi, modern/kontemporer
·
Menentukan tata letak
dan pencahayan
·
Menunjukan fungsi dan
tujuan Pameran seni rupa tradisi,
modern / kontemporer
·
Mendeskripsikan secara
kelomopok kegiatan Pameran seni tradisi,
modern /kontemporer
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai
prestasi, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Pertemuan Akhir
·
Siswa melajutkan
pengerjaan hasil karya, lalu mengumpulkan hasil karya tersebut pada akhir
pelajaran.
·
Siswa bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·
Siswa menarik kesimpulan
materi yang dipelajari dalam 3 pertemuan terakhir.
E. Sumber Belajar
Sumber:
Buku seni rupa
Media elektronik
Media cetak
Budaya setempat
Bahan/Alat :
Karya seni, kliping
Audio visual,lembar kerja ,hasil kerja siswa,bahan presentasi
F. Penilaian
Lembar Penilaian Portofolio Kelompok
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Nama Kelompok : .................................................................................
No.
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|||
Penilaian kelompok
|
||||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|||||
2
|
Kerjasama kelompok
|
|||||
3
|
Hasil tugas
|
|||||
Jumlah Nilai Kelompok
|
||||||
Penilaian Individu siswa
|
||||||
1.
|
Terlibat dalam pengerjaan portofolio
|
|||||
2.
|
Inisiatif
|
|||||
Jumlah Nilai Individu
|
||||||
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
·
Latihan V halaman 31
(membuat karya seni dengan pengaruh budaya tertentu).
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Hasil karya
|
Siswa memiliki hasil karya yang konkret yang orisinil
|
|||
Keindahan dan kreativitas pada karya
|
Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
|
|||
Kandungan unsur budaya
|
Karya mengandung satu unsur budaya tertentu
|
|||
Hubungan dan kesesuaian antara
jenis benda dan unsur budaya
|
Ciri khas budaya dan benda hasil karya dapat berhubungan atau tidak /
dapat sesuai atau tidak sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat
karya
|
|||
Orisinalitas gagasan
|
Karya seni merupakan hasil buatan sendiri
|
|||
Jumlah Nilai
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, Woha, Agustus 2011
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar