RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 1. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi
Dasar :
1.1. Menjelaskan keunikan gagasan
dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
1.2. Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni
kriya di wilayah Nusantara
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Menjelaskan kecenderungan gagasan
dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
2. Mendeskripsikan dan menjelaskan
teknik membuat suatu karya seni kriya
3. Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
4. Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara
Alokasi Waktu :
Tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
Nilai
Karakter Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B.
Materi Pembelajaran
·
Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·
Teknik membuat karya seni kriya di wilayah
Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi,
tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengapresiasi karya seni
kriya
|
· cara membuat karya seni kriya
berikut ini!
|
· Siswa dapat Menjelaskan keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
· Siswa dapat Menampilkan sikap
aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di
wilayah Nusantara
|
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Apersepsi:
§ Siswa diingatkan
tentang pengertian seni kriya
Motivasi:
§
Memotivasi
siswa pentingnya mempelajari proses penciptaan berbagai
karya seni kriya di Nusantara
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka
kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki
khas Nusantara.
§ Guru meminta siswa
berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi
penciptaan karya itu.
§ Siswa mencari
informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Siswa
mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya
seni semacam itu.
§ Siswa mempelajari
teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta
membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat
ringkas.
§ Siswa dan guru
menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§
Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§
Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
C.
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI -
ESIS
·
Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI
– ESIS
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang relevan
·
Internet
D.
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|||
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|||
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|||
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|||
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|||
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|||
Jumlah Nilai
|
Kriteria Penilaian :
Kriteria
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, Woha, 2011
Kepala SMAN 1 Woha Guru
Mata Pelajaran
Drs. Abubakar Nazamuddin, S.Pd
NIP19621231 199502 1 003 NIP. 19729711 199803 1
010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
2.1. Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di
wilayah Nusantara
2.2. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah
Nusantara
2.3. Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau
di sekolah
2.4. Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
·
Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni
kriya Nusantara dan merancangnya
·
Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·
Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan
teknik yang telah dirancang
·
Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan
corak yang telah direncanakan
·
Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
·
Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45
menit
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
Nilai
Karakter Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
Materi Pembelajaran
·
Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·
Teknik membuat karya seni kriya di wilayah
Nusantara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi,
tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya
|
· Mencari tahu ragam corak seni kriya Nusantara lalu membuat karyanya
· Cara pembuatan karya seni kriya
dengan teknik khas Nusantara
|
· Siswa dapat Menciptakan sebuh
rancangan karya seni kriya dengan
kandungan unsur corak seni Nusantara
· Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah
dirancang
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§
Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan
sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
§
Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan
gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
§
Siswa mencari informasi di internet tentang proses
penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§
Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan
yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§
Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni
tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§
Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan
cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§
Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik
membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§
Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§
Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§
Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI -
ESIS
·
Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI
– ESIS
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang relevan
·
Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|||
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|||
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|||
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|||
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|||
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|||
Jumlah Nilai
|
Kriteria Penilaian :
Kriteria
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, Woha, 2011
Kepala SMAN 1 Woha Guru
Mata Pelajaran
Drs. Abubakar Nazamuddin, S.Pd
NIP19621231 199502 1 003 NIP. 19729711 199803 1
010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar:
1.1. Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan
dalam karya seni rupa terapan Nusantara
1.2. Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
§ Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya
seni rupa Nusantara
§ Mendeskripsikan teknik/proses dalam menciptakan berbagai
karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menjelaskan
bahan-bahan yang digunakan untuk membuat
berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menjelaskan gagasan,
kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
Alokasi Waktu:
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45
menit dan 2x 45 menit.
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
§ Mengidentifikasi
gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menampilkan sikap
apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
Nusantara
Nilai
Karakter Bangsa :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi
Pembelajaran
§ Gagasan dalam karya
seni rupa terapan Nusantara
§ Teknik pembuatan
karya seni rupa terapan Nusantara
§ Bahan yang digunakan
untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Apresiasi terhadap
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok,
tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengapresiasi karya seni rupa
|
·
Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni
rupa Nusantara
·
Mencari informasi tentang gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik
dalam karya seni rupa modern/kontemporer
|
·
Siswa dapat Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya
seni rupa Nusantara
·
Siswa mampu Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik
dalam karya seni rupa modern/kontemporer
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar