Laman

Senin, 26 September 2011

Materi Seni Budaya Kelas XI



PERADABAN YUNANI DAN ROMAWI KUNO

 

 

YUNANI KUNO

 



Pokok-pokok Materi:
A. Peradaban Pulau Kreta.
B. Kehidupan Masyarakat Yunani.
C. Sistem Pemerintahan Yunani.
D. Sistem Kepercayaan Yunani.
E. Peninggalan Budaya Yunani.
F. Masa Akhir Kejayaan Yunani.

Peradaban Pulau Kreta (2600 SM - 2000 SM)


Gambar 1. Peta Wilayah Yunani Kuno

Untuk memahami peradaban Eropa Kuno, maka simaklah peta di atas. Kemudian bacalah uraian di bawah ini dengan seksama. Sejarah Eropa Kuno berawal dari kehidupan masyarakat Pulau Kreta yang terletak di sebelah selatan Yunani dengan pusat pemerintahannya di Knossus.
Selain Knossus masih ada kota-kota besar yang lain yaitu Phaestos, Tylissos, Hanos. Letak Pulau Kreta sangat strategis yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Kreta untuk hidup dari sektor pelayaran dan perdagangan. Selain itu Pulau Kreta juga menjadi jembatan budaya antara Asia, Afrika dan Eropa.





Sumber-sumber apakah yang mengisahkan mengenai sejarah Pulau Kreta ? Sejarah Pulau Kreta dapat diketahui dari karya sastra berupa legenda dan mitologi karangan penyair Homerus yang berjudul Illiad dan Odysseia. Homerus menceritakan Pulau Kreta yang indah permai, memiliki tidak kurang dari 90 kota. Uraian tersebut diperkuat oleh Sir Arthur Evans dari Inggris yang pertama kali melakukan penggalian pada tahun 1878 M. Dengan penggalian tersebut ditemukan bukti-bukti arkeologi mengenai kejayaan Pulau Kreta di masa yang lalu.
Apa saja peninggalan peradaban Pulau Kreta?
Uraian di bawah ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda. Dari kegiatan pelayaran dan perdagangan telah menyebabkan tingkat kemakmuran yang tinggi bagi masyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusat perdagangan seperti Knossus dan Phaestos telah tertata dengan baik. Bangunnan gedung pada umumnya terbuat dari batu bata serta ada bangunan yang bertingkat.

Di Knossus ditemukan reruntuhan istana yang berbentuk labyrinth (rumah siput). Perhatikanlah gambar reruntuhan istana Knossus di bawah ini. Mengapa istana Knossus berbentuk rumah siput?

Labyrinth berasal dari kata Labrys yang berarti “mudah tersesat”. Bangunan istana didesain demikian agar seseorang yang masuk akan mudah tersesat karena susunan kamar-kamar, ruangan dan lorongnya ruwet untuk menghalangi para penjahat yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.

Gambar 2. Reruntuhan istanaKnossus.

Selain itu karena letaknya yang strategis tidak tertutup kemungkinan Pulau Kreta menjadi incaran bangsa lain untuk menaklukkan dan menguasainya. Masyarakat Pulau Kreta juga mengenal seni Lukis Fresko, seni porselin/gerabah, seni pahat pada gading atau media yang lain dan seni kerajinan logam. Karya seni ini juga menghasilkan peralatan rumah tangga misalnya alat pertukangan, sepatu, pengecoran logam dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga telah mengenal bentuk tulisan yang disebut tulisan Minos. Nama Minos berasal dari nama seorang raja besar di Pulau Kreta, bahkan kebudayaan Pulau Kreta akhirnya disebut kebudayaan Minoa. Walaupun telah ditemukan peninggalan tulisan namun sampai sekarang belum berhasil dibaca sehingga sejarah Pulau Kreta belum dapat diungkap secara jelas.

Pada abad 15 SM kerajaan Pulau Kreta mengalami keruntuhan.
Menurut Anda apa penyebab keruntuhan tersebut ?
Tuliskan jawaban Anda pada ttitik-titik di bawah ini.
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Setelah Anda menuliskan jawaban kemudian cocokkan dengan uraian di bawah ini.

Masa akhir kejayaan Pulau Kreta tak dapat digambarkan secara pasti. Menurut dugaan para ahli ada kemungkinan karena bencana alam. Sekitar abad 15 S.M gunung Thera yang letaknya 100 km. diutara Pulau Kreta meletus dan memuntahkan larva dan abu yang menutupi angkasa, menghalangi aktifitas kehidupan serta mematikan pelbagai tumbuh-tumbuhan. Selain bencana alam, diduga ada invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo Jerman dari Asia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian ke pulau Kreta.

Selain dari letaknya peradaban Pulau Kreta tidak tertutup kemungkinan mendapat pengaruh dari Mesir dan Mesopotamia karena hubungan perdagangan dan pelayaran seperti telah Anda baca pada uraian di atas. Setelah runtuh kebudayaan Pulau Kreta berkembang di daratan Yunani mula-mula berada di kota Mycena (salah satu daerah kekuasaan pemerintahan Pulau Kreta sebelumnya.)
Itulah sebabnya Pulau Kreta disebut sebagai jembatan budaya Asia, Afrika dan Eropa.‘

Setelah membaca uraian di atas, tentu Anda sudah memahami mengenai peradaban Pulau Kreta.
Selanjutnya kerjakanlah tugas di bawah ini.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mengisi titik-titik disampingnya
1. Sumber sejarah untuk mempelajari Pulau Kreta adalah ... dan ....
2. Kehidupan ekonomi masyarakat Pulau Kreta bertumpu pada kegiatan....
3. Peninggalan budaya Pulau Kreta berupa ....
    a. ....
    b. ....
    c. ....
    d. ....
4. Tujuan pembuatan istana berbentuk Labyrinth adalah ....
5. Masyarakat Pulau Kreta mengenal tulisan yang disebut ....
6. Sebab-sebab keruntuhan kerajaan Pulau Kreta antara lain karena ... ataupun ....

Jawab
1.   Cerita Illiad dan Odyseia karangan Nomerus dan penggalian direruntuhan Knossus oleh Sir Arthur Evans.
2.   Pelayaran dan perdagangan.
3.   Seni bangunan, seni lukis, seni keramik, seni patung dan kerajinan logam.
4.   Mencegah orang asing maupun pengganggu yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.
5.   Minos.
6.   Bencana alam yaitu akibat meletusnya gunung Thera atau invasi bangsa Indo Jerman.
Apakah jawaban Anda sudah tepat ? Bagus.
Seterusnya Anda dapat melanjutkan belajar mengenai peradaban yunani pada uraian berikutnya.

Kehidupan Masyarakat Yunani

 

Sebelum membicarakan kehidupan masyarakat Yunani Anda perlu memahami terlebih dahulu letak geografis Yunani. Simaklah peta di halaman 1 kemudian bacalah uraian berikut ini.
Letak geografis Yunani sekarang sama dengan Yunani kuno yang akan Anda pelajari. Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.

Jika peradaban kuno di Asia dan Afrika yang telah Anda pelajari memiliki pola umum yaitu merupakan peradaban lembah sungai dengan kegiatan ekonomi yang utama adalah pertanian (agraris) maka peradaban Yunani maupun Romawi sebagai akar budaya peradaban Eropa menyimpang dari pola umum.

Sebagian besar wilayah Yunani bergunung-gunung sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Tiga puluh prosen daerahnya berupa daratan rendah yang terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan lumpur sungai. Sisanya berupa jazirah yaitu Peloponesos dan Attica.

Gunung-gunung dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan daratan rendah yang terpisah-pisah merupakan unit-unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami, dan menjadi pemisah kesatuan unit politik. Kesatuan politik itu disebut Polis dan Negara Kota (City State) yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah-daerah sekitarnya. Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani. Daerah koloni Yunani antara lain terdapat di Italia Selatan, Mesir, Palestina dan Asia Kecil (Turki sekarang). Dari kegiatan tersebut muncullah istilah kolonialisme. Antar kaum kolonis dengan negeri induknya tetap terjalin hubungan.

Selain kegiatan pertanian, masyarakat Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah. Setelah mengetahui keadaan alamnya maka uraian berikut ini dapat Anda pelajari mengenai siapakah bangsa Yunani itu ?

Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 2000 Sm kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta.Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi.

Polis yang berkembang mula-mula di daratan Yunani adalah kota perdagangan Mycena (yang semula merupakan daerah koloni kerajaan Kreta). Kemudian berkembanglah ratusan polis di Yunani. Hubungan antar polis di Yunani antara lain dalam perdagangan maupun pertukaran ide/gagasan yang kemudian membentuk peradaban Yunani. Masyarakat Yunani bangga sebagai warga kota, mereka merasa Superior sedangkan yang tinggal di luar polis dianggap sebagai bangsa ”barbar”. Rasa Superior itu kemudian tampak pada masyarakat yang tinggal di polis-polis terkemuka Yunani antara lain Sparta dan Athena. Bangsa Yunani sulit bersatu karena antar polis saling bersaing untuk memperebutkan puncak kekuasaan. Namun pada saat menghadapi ancaman bangsa lain antara polis Sparta dan Athena dapat ”bersatu” sehingga memperoleh kemenangan.
Tepatlah pepatah yang menyatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Siapakah bangsa yang menyerang Yunani dan apa sebabnya? Serangan itu dilakukan oleh bangsa Persia yang berlangsung tiga kali antara tahun 500 - 480 SM sehingga disebut perang Persia. Penyebabnya adalah Yunani membantu daerah koloninya di Asia kecil yang menjadi sasaran ekspansi raja Persia.

Peristiwa yang menarik pada perang Persia adalah adanya lari marathon. Bagaimana peristiwanya? Pada serangan yang ke dua tahun ±490 SM tentara Persia dapat dikalahkan oleh pasukan Athena di dekat kota Marathon.
Prajurit yang bernama Feidippides mengabarkan berita kemenangan ini dengan berlari sejauh 26 kilometer dari Marathon ke Athena. Untuk mengenang peristiwa itulah maka di dunia olah raga Anda mengenal lomba lari marathon. Apakah Anda sanggup lari marathon ? Silahkan mencoba !

Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol. Itulah sebabnya di Athena berkembang pesat kebudayaan baik di bidang seni maupun ilmu pengetahuan dan filsafat.

Sebelum Anda mempelajari uraian berikutnya, maka jawablah pertanyaan di bawah ini untuk mengukur pemahaman Anda.
Cobalah Anda menjawab pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian cocokkan dengan kunci jawaban di bawahnya.
Tabel 1. Kehidupan masyarakat Yunani
Setelah Anda selesai mengerjakan kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di bawah ini.
Jawab
1.   Laut Ionia
2.   Laut Aegeia
3.   Italia Selatan, Mesir,
4.   Petani Yunani
5.   Pelayaran dan perdagangan
6.   Negara kota
7.   Doria
8.   Padang rumput sekitar Palestina dan Asia kecil laut Kaspia
9.   
Feidippides
10. Riang dan optimis
Apakah jawaban Anda betul semua ? Bagus. Kini Anda dapat melanjutkan pelajaran tentang sistem pemerintahan Yunani dengan membaca uraian berikut ini.

Sistem Pemerintahan Yunani

 

Yunani tidak pernah memiliki sistem pemerintahan sentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahan masing-masing. Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari sistem pemerintahan dari dua polis yang terkemuka di Yunani yaitu Sparta dan Athena dengan konstitusi yang berbeda. Bila anda mempelajari peradaban Yunani sebenarnya anda mempelajari peradaban dari polis Athena.
1.
Sparta:
Konstitusi Sparta membagi masyarakat menjadi 3 golongan yaitu:
a.       “Citizens” atau orang-orang Sparta yang jumlahnya antara 5-10% dari seluruh penduduk. Mereka terdiri dari para penguasa dan tentara.
b.      Kaum Helot: merupakan sebagian besar dari penduduk yang bekerja sebagai tani, buruh tani dan pelayan dari orang-orang sparta.
c.       Peiroikoi yaitu yang tinggal di pinggiran kota, hidup sebagai petani, pedagang dan bekerja di pertambangan mereka menyukai kebebasan pribadi.
“Citizens” atau orang-orang Sparta merupakan keturunan dari para penakluk (Suku bangsa Doria) yang datang dari arah utara menuju Peloponesos. Mereka menduduki dataran rendah Laconia yang paling subur serta mendesak penduduk aslinya menjadi kaum Helot dan Perioikoi.

Untuk menjaga kemungkinan timbulnya pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar, penguasa pemerintahan Sparta selalu siaga dan meningkatkan ketangguhan militernya terutama pada masa pemerintahan Lycurgus sekitar tahun 625 SM.

Sistem pemerintahan Sparta yang militeristis tersebut mengutamakan latihan kemiliteran dan disiplin yang keras bagi masyarakat. Anak yang baru lahir menjalani pemeriksaan fisik di depan Ephor. Bayi yang cacat atau tidak sehat dibuang di gua-gua atau di gunung-gunung dan dibiarkan mati atau agar di pungut oleh orang-orang Helot. Orang tua membesarkan anak laki-lakinya sampai usia 7 tahun. Sesudah itu mereka dimasukkan ke sekolah militer yang diselenggarakan oleh negara. Mereka dididik sebagai tentara yang tangguh.

Pada usia 20 tahun mereka diijinkan menikah namun harus menetap di barak/asmara tentara sampai usia 30 tahun untuk mengabdikan sepenuh hidupnya sebagai tentara. Tugas sebagai tentara baru berakhir sampai usia 60 tahun. Pada usia 30 tahun mereka menjadi warga negara yang memiliki hak memilih. Dengan langkah tersebut Sparta menjadi polis terkuat di jazirah Peloponesos.

Pemerintahan Sparta dijalankan oleh 2 orang raja yang absolut dan turun temurun. Selain Raja, ada jabatan ephor selaku penasehat yang berjumlah 5 orang. Lembaga yang lain beranggotakan hanya 28 orang yang berusia 60 tahun atau lebih, disebut Gereousia.
Gereousia memiliki hak veto terhadap undang-undang yang diajukan oleh DPR. Siapakah anggota DPR itu ? Anggota DPR adalah semua laki-laki warga kota Sparta yang berusia 30 tahun atau lebih, mereka bersidang setiap bulan purnama.
Dapat dikatakan Sparta merupakan dunia laki-laki. Laki-laki berperan sebagai tentara, pembuat hukum dan peraturan. Kegiatan wanita terbatas sebagai isteri, ibu dan pengatur rumah tangga.

Sampai disini uraian mengenai sistem pemerintahan Sparta.
Untuk mengukur pemahaman Anda, kerjakanlah tugas dibawah ini. Silahkan Anda menuliskan jawaban baru kemudian mencocokkan jawaban tersebut dengan kunci jawaban di bawahnya.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas:
1.      Jelaskan perbedaan profesi/pekerjaan dari orang-orang Sparta (Citizens) dengan kaum Helot.
Jawab: ....
2.      Jelaskan perbedaan keanggotaan DPR di Sparta dengan Indonesia.
Jawab: ....
3.      Mengapa demokrasi langsung sulit dilaksanakan sekarang ?
Jawab: ....

Jawaban Latihan
1.      - Citizens : Sebagai penguasa atau tentara.
- Kaum Helot : tani, buruh tani dan pelayan Citizens
2.      - Perbedaan keanggotaan DPR Sparta dengan Indonesia : DPR Sparta beranggotakan semua laki-
  laki warga Sparta yang suaranya mewakil pribadi di forum DPR.
- Sedangkan keanggotaan DPR di Indonesia : wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat melalui fraksi-
   fraksi yang ada di DPR yang memegang jabatan selama kurun waktu 5 tahun.
3.      Demokrasi langsung tidak mungkin dilaksanakan pada jaman sekarang karena jumlah penduduk yang sangat besar mencapai ratusan juta jiwa menyulitkan untuk bersidang secara langsung.

2.
Athena
Kehidupan di Athena berbeda dengan di Sparta. Jika warga Sparta mempunyai kewajiban untuk tugas-tugas pemerintahan dan pertahanan negara maka warga Athena dalam suasana demokrasi memiliki kemerdekaan berpikir, berpendapat serta maju dalam bidang politik, ekonomi, seni batik, seni pahat, seni bangunan maupun seni sastra.

Athena mengalami evolusi pemerintahan yang sempurna semula golongan aristokrat (bangsawan) mengesyahkan kekuasaan oligarkhi (pemerintahan di tangan sekelompok orang). Kemudian beralih ke sistem pemerintahan tirany (pemegang kekuasaan di tangan satu orang yang berkuasa penuh) kemudian berubah lagi menjadi sistem demokrasi. Apakah arti demokrasi ?
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Pemerintahan demokrasi di Athena mencapai puncak kejayaan pada masa Perikles (462 - 429 SM). Beberapa negarawan dan pendekar hukum sebelum Perikles antara lain Drako (621 SM), Solon (594 SM), Kleistenes (508 SM).
Sistem pemerintahan di Athena mengenal beberpa lembaga antara lain :
a.       Archon yaitu pelaksana pemerintahan berjumlah 9 orang.
b.      Areopagos yaitu dewan yang mengawasi pelaksanaan pemerintahan Archon, sekaligus merangkap sebagai mahkamah agung. Anggotanya adalah mantan para archon.
c.       Boule semacam DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang memiliki tugas :
1. menetapkan archon
2. meminta pertanggungjawaban archon
3. menghukum archon.

d.      Dalam bidang pertahanan dan keamanan dipegang oleh 10 orang ahli siasat perang yang menguasai angkatan darat dan angkatan laut.

Untuk menjaga kehidupan yang demokratis maka ada kebiasaan untuk mengasingkan atau mengucilkan seorang penguasa yang pada suatu tahap dalam pemerintahannya telah dicurigai berusaha menjadi penguasa mutlak yang dapat membahayakan negara. Tindakan pengucilan itu disebut ostrakisme. Istilah ostrakisme berasal dari kata ostrakon yaitu pecahan pot dari tanah liat.
Perhatikan gambar ostrakon di bawah ini !

Gambar 3. Tanda Ostrakisme

Setiap penduduk dapat menuliskan nama tokoh yang dianggap berbahaya pada Ostrakon. Jika terdapat nama seseorang dalam jumlah tertentu tertulis dalam Ostrakon maka ia akan diasingkan. Hasil penggalian di Athena pernah ditemukan tidak kurang dari 1000 Ostrakon yang tertulis antara lain nama Perikles.

Kalau demikian, apakah manfaat Ostrakon tersebut? Ostrakon bermanfaat mengingatkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan antara ambisi pribadi dengan kepentingan negara.
Setelah Anda mempelajari sistem pemerintahan Sparta dan Athena maka tuliskan kesimpulan Anda mengenai sistem pemerintahan di dua polis tersebut pada titik-titik di bawah ini.
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
Dapat disimpulkan bahwa sistem pemerintahan Sparta didominasi oleh kaum militer, sedangkan Athena didominasi oleh golongan sipil dengan mengembangkan sistem demokrasi. Kedua sistem pemerintahan tersebut berkembang dan diterapkan oleh negara-negara modern sekarang.
Anda telah selesai mempelajari sistem pemerintahan Yunani, tentu masih banyak hal yang ingin Anda ketahui misalnya tentang kepercayaan bangsa Yunani. Untuk lebih jelasnya bacalah uraian berikut ini.

Sistem Kepercayaan Yunani

 

Masyarakat Yunani memuja banyak dewa atau Polytheisme. Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia bahkan orang Athena sendiri menyatakan keturunan ion yaitu anak dewa Apollo.
Menurut pandangan orang Yunani, dewa-dewa itu memiliki tubuh seperti manusia tetapi lebih besar, lebih indah serta tidak dapat mati. Dewa-dewi memiliki sifat seperti manusia, ada yang baik dan buruk. Dewa-dewi berkeluarga, berperang dan bersaing untuk mempertahankan kekuasaan. Selain dewa-dewi mereka juga memuja hero (pahlawan) yaitu manusia setengah dewa yang sakti namun dapat mati. Salah seorang hero yang terkenal adalah Hercules.

Dewa-dewi itu antara lain ada yang tinggal di bukit Olymphus dipimpin oleh dewa tertinggi yaitu dewa Zeus yang beristri Hera yaitu dewi asmara.
Perhatikanlah patung dada yang dikenal sebagai dewa Zeus pada gambar di samping ini.
Dewa-dewi yang dipuja oleh bangsa Yunani berikutnya ialah:
1. Ares, dewa perang.
2. Artemis, dewi perburuan.
3. Hermes, dewa perniagaan.
4. Poseldion, dewa laut.
5. Apollo, dewa matahari dan kesenian.
6. Pallas Athena, dewi keselamatan (pelindung kota) dan ilmu pengetahuan.
7. Aphrodite, dewi kecantikan.
8. Dyonisos, dewa anggur.
9. Hades, dewa kematian.
10. Pan, dewa ternak.
11. Demeter, dewa pertanian.

Gambar 4. Patung Dada Dewa Zeus

Bagaimanakah cara bangsa Yunani melakukan penghormatan kepada para dewanya khususnya pemujaan terhadap dewa Zeus? Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776 SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik didataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya.
Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda.
Pada malam hari diadakan pertunjukan sandiwara/seni maupun digelar pasar malam.

Para atlit yang semuanya laki-laki bertanding secara sportif. Atlit yang menjadi juara mendapat hadiah dan penghormatan biasanya berupa mahkota dan dedaunan, misalnya daun zaitun di Olymphia, daun Salam di kota Delfi dan daun Peterseli di kota Argolis. Selain itu para pemenang juga memperoleh berbagai hadiah misalnya 100 buyung minyak zaitun, sekantung di kota kediamannya.

Apa manfaat Olympiade bagi bangsa Yunani?
Olympiade bermanfaat sebagai alat pemersatu bagi bangsa Yunani. Karena pada saat Olympiade yang berlangsung 4 tahun sekali setiap polis harus menjaga perdamaian dan menghentikan peperangan. Karena fungsinya sangat penting sebagai sarana pemersatu maka pesta Olympiade di jadikan pesta olah raga dunia.

Selain pemujaan terhadap dewa Zeus dan keluarganya, di setiap negara kota (polis) juga mempunyai dewanya masing-masing. Pemujaan dewa-dewa lokal ini menjadi faktor pemisah masyarakat Yunani.

Untuk mengetahui pemahaman Anda tentang Olympiade, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1.      Sejak kapan Olympiade menjadi pesta olah raga dunia untuk yang pertama kali ? ....
2.      Siapakah yang mengusulkan diselenggarakannya pesta olah raga dunia dengan nama Olympiade pada jaman modern ? ....
3.      Pada pesta Olympiade di mana dan kapan, Indonesia memperoleh medali emas yang pertama? ....
4.      Siapakah olahragawan dan olahragawati yang meraih medali emas tersebut ? .... dan ....
5.      Apakah manfaat Olympiade tersebut dapat diterapkan pada abad 21 ini ? Jelaskan!
Diskusikan pertanyaan di atas dengan teman-temanmu. Jika menemui kesulitan, tanyakanlah kepada guru olah raga. Kumpulkan jawabanmu kepada guru bina Anda di sekolah penyelenggara.

Apakah Anda hobi olah raga bahkan juga sebagai atlet mewakili daerahmu ? Bagus ! Kembangkan terus hobi dan bakatmu yang positif.

Selain pemujaan kepada dewa-dewi di gunung Olymphus, masyarakat Yunani juga sering mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi. Masyarakat Yunani memiliki kebiasaan sebelum melakukan segala sesuatu mereka meminta ramalan di kuil tersebut.

Sampai di sini apakah Anda sudah menguasai uraian di atas dengan baik ? Jika sudah, kini lanjutkan kesungguhan Anda untuk mempelajari uraian yang tidak kalah pentingnya yaitu peninggalan budaya Yunani.

Peninggalan Budaya Yunani

1.
Seni Sastra.
Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut. Apa isi karya sastra Homerus tersebut ?

Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya (perhatikan gambar 5. di bawah ini).

Gambar 5. Relief Penculikan Putri Helena oleh Pangeran Paris

Terjadilah peperangan antara raja Agamemmon dari Yunani dengan raja Priamus dari Troya. Pahlawan Troya yang bernama Hector dapat dikalahkan oleh pahlawan Yunani yang bernama Achilles. Tentara Yunani dapat memenangkan perang melalui siasat “Kuda Troya” atas ide raja Odysseus.
Tahukah Anda tentang siasat tersebut? Kuda Troya merupakan sebuah kuda kayu raksasa yang di dalamnya digunakan untuk bersembunyi tentara Yunani.
Kuda tersebut diletakkan di luar benteng kota Troya. Orang Troya tertipu, kuda kayu dikira hadiah lalu ditarik ke dalam benteng. Ketika dibuka tentara Yunani berhamburan dan menyerang secara mendadak.
Sementara itu armada yang berpura-pura meninggalkan Troya datang kembali ikut menyerbu. Sehingga pasukan Troya mengalami kekalahan.

Kitab Odysseia mengisahkan tentang pengembaraan Odysseus sepulang dari Troya. Karena isterinya yang bernama Penelope menikah lagi maka puteranya yang bernama Telemachos menyusulnya mengembara.

Bagi bangsa Yunani kisah Illias dan Odysseia ini menjadi salah satu kebanggaan dan alat pemersatu bangsa Yunani.
Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi alat pemersatu bangsa Yunani itu?


Beberapa faktor pemersatu bangsa Yunani adalah:
1. Kegiatan Olympiade untuk pemujaan dewa di Olymphus setiao empat tahun sekali.
2. Cerita Illias dan Odyseia.
3. Merasa satu keturunan yaitu bangsa Hellas.
4. Merasa satu tanah air yaitu tanah Hellas/Yunani.
5. Kebiasaan mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi.

Selain seni sastra karya Homerus yang bersifat Wira Carita (cerita kepahlawanan), masyarakat Yunani juga menyenangi Seni drama. Orang Yunanilah yang pertama menulis drama yang dapat merasakan tentang orang lain dari sisi kehidupan. Cinta, kebencian, pembunuhan, misteri dan lain-lain. Beberapa tokoh drama tragedi antara lain Aeschylus dengan karyanya yang berjudul Oresteia, Sopochles dengan karyanya berjudul Antigone. Sedangkan drama komedi tokohnya Aristophanes dengan karyanya berjudul Lysistrata. Apakah Anda senang bermain drama, pernahkah memainkan salah satu karya drama Yunani di atas? Atau pernahkah Anda menyaksikan pementasan drama dengan cerita di atas?
Jika di sekolah penyelenggara atau sekolah lain di kota sempatkanlah Anda menyaksikan karena akan menambah wawasan Anda.

Selain seni sastra, peninggalan budaya Yunani yang terkenal adalah seni bangunan dan seni pahat. Simaklah uraiannya berikut ini.

2.
Seni Bangunan dan Seni Pahat
Pada awalnya seni patung/pahat Yunani menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus.

Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lain-lain. Perhatikanlah gambar patung dada Plato di bawah ini!

Gambar 6. Patung dada Plato

Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan bangunan kuno Yunani antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena.

Pada gambar di bawah ini Anda dapat mengamati gambar kuil Partenon. Apakah Anda tertarik dengan tiang bangunannya? Tiang tersebut dikenal dengan gaya Doria. Selain gaya Doria masih ada dua gaya Korintia dan Ionia. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mempelajari dari pendidikan seni.

Gambar 7. Kuil Partenon di bukit Acropolis
Di bukit Olymphus dibangun kuil untuk dewa Zeus yang disebut kuil Altis. Di daerah koloni Yunani juga dibangun kuil misalnya kuil Zeus di Italia Selatan, kuil Apollo di Milate dan lain-lain.
Selain kuil, peninggalan bangunan Yunani adalah gedung theater pada gambar 8. Anda dapat menyaksikan gambar theater di Epidaurus yang sangat megah.

Gambar 8. Theater di Epidaurus

Teater adalah panggung di lapangan terbuka untuk pementasan misalnya komedi. Penonton duduk di bangku-bangku yang terbuat dari batu. Bagi orang Yunani, teater merupakan bagian pendidikan dan setiap orang dianjurkan untuk menonton.
Anda telah mempelajari sistem kepercayaan dan peninggalan budaya Yunani.
Tuliskan penjelasanmu terhadap tokoh atau bangunan yang tertera pada tabel di bawah ini. Setelah Anda menyelesaikannya, cocokkanlah dengan keterangan di bawahnya.

Tabel 2. Penjelasan tentang tokoh dan bangunan Yunani.
Penjelasan dari tokoh dan bangunan Yunani tersebut adalah :
1.   Sastrawan Yunani, pengarang kitab Illiad dan Odyseia.
2.   Dewi pelindung kota/ keselamatan.
3.   Dewi kecantikan.
4.   Dewa kesenian.
5.   Pencipta “kuda Troya”, tokoh pahlawan Yunani dalam perang melawan Troya.
6.   Kuil di bukit Acropolis yang di dalamnya terletak patung Dewi Pallas Athena.
7.   Kuil untuk pemujaan dewa Zeus di bukit Olymphus.
8.   Ahli pahat jaman raja Perikles yang membuat patung dada dari tokoh-tokoh dewa, hera dll.
9.   Seorang dramawan Yunani yang menciptakan drama berjudul Antigone.
10. Raja Sparta yang bermusuhan dengan Priamus Raja Troya dalam Perang Troya.
Nah tentu Anda dapat menjawab dengan benar. Selamat ! Kini teruskan konsentrasi Anda untuk mempelajari warisan budaya Yunani yang sangat penting yaitu filsafat dan ilmu pengetahuan melalui uraian ini.

3.
Filsafat dan Ilmu Pengetahuan.
Seperti sudah disinggung pada uraian pemerintahan Yunani, ternyata polis Athena melahirkan banyak ahli pikir yang mewariskan pengetahuannya bagi umat manusia. Tepatlah ungkapan Socrates yang menyatakan : “Bila Anda ingin menemukan orang kuat pergilah ke Sparta, tetapi bila Anda ingin menjumpai orang pintar dan bijak, datanglah ke Athena”.
Ada 3 orang filsuf yang perlu Anda ketahui yaitu: bila ada sisipkan gambar2 socrates, plato, aristoteles, dll.

1.      Socrates (469-399 S.M.),
Ajarannya tentang filsafat etika atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya. Socrates mengajarkan agar manusia dapat membedakan apa yang baik atau buruk, benar atau salah, adil atau tidak adil. Ajarannya ditujukan kepada anak muda yang diajaknya berdiskusi. Ia akhirnya di hukum mati dengan minum racun karena tuduhan telah merombak dasar-dasar etika masyarakat Yunani kuno serta tidak percaya kepada dewa-dewa yang disembah masyarakat.
2.      Plato (427-347 S.M.),
Ajaran filsafatnya disebut filsafat idea. Ia menulis banyak buku, salah satunya berjudul Republica. Dalam buku tersebut diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajatnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus.
3.      Aristoteles (384-322 S.M.).
Ia adalah murid Plato, merupakan ahli di bidang biologi dan ketatanegaraan. Karyanya yang terkenal antara lain Klasifikasi Flora dan Fauna di Kepulauan Aegeia. Di bidang ketatnegaraan, ia berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republik.
Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat. Aristoteles adalah pendiri pusat pendidikan bernama Peripatetis. Salah seorang muridnya ialah Alexandar Agung, raja Macedonia.

Kemajuan bangsa Yunani di bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dari deretan ilmuwan sebagai berikut:
1.      Pythagoras,
ahli matematika yang melahirkan dalil untuk segitiga siku-siku.
Tentu Anda tahu rumus Phytagoras !
2.      Hipokrates,
bapak kedokteran. Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku berjudul Aphorismen dan Prognose. Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah dokter yang berlaku sampai sekarang.
Untuk memahami isi sumpah dokter, carilah informasi tentang hal tersebut mungkin dari dokter Puskesmas di sekitar tempat tinggal Anda.
Kemudian diskusikanlah dengan teman-teman Anda tentang penjelasan sumpah tersebut !!
Catatlah dengan rapi isi sumpah dokter dan penjelasan/pendapat Anda.
3.      Archimedes yang menciptakan teori gravitasi dan teori benda mengapung.
4.      Thales dengan pendapatnya: alam fisik terdiri dari satu bahan dasar yaitu air.
5.      Analisagoras dengan pendapatnya: materi terdiri dari beraneka ragam zat renik.
6.      Democritus: ahli atom.
7.      Euclid: ahli ilmu ukur.
8.      Herodotus: Bapak sejarah yang pertama kali mengembangkan sejarah tertulis.
Masih ingatkah Anda terhadap Herodotus tentang Mesir dan Mesopotamia pada kegiatan 3 di catur wulan 1?
9.      Thucydides: Ahli sejarah yang menulis tentang perang Peloponesos.
Demikianlah beberapa contoh nama ilmuwan yang mewakili kemajuan ilmu pengetahuan Yunani. Pada uraian selanjutnya Anda akan mempelajari masa akhir kejayaan Yunani.

Masa Akhir Kejayaan Yunani

 

Masa akhir kejayaan Yunani diawali dengan peristiwa sebagai berikut:
1.
Perang Peloponesos 431- 404 S.M.
Perang Peloponesos disebabkan karena polis Athena yang memimpin persekutuan polis-polis di jazirah Attica disebut Liga Delos memiliki pengaruh yang terlalu kuat baik di bidang politik dan ekonomi Yunani sehingga banyak polis yang khawatir menjadi sasaran ”ekspansi” dan dikuasai Athena. Keadaan ini menyebabkan Sparta sebagai pemimpin Liga Peloponesos bangkit memimpin polis-polis lain menghadapi Athena.


Pembentukan liga Delas maupun liga Peloponesos terjadi setelah perang Parsi. Liga Delas dipimpin oleh Athena, tangguh dalam angkatan laut sedangkan Sparta kuat angkatan daratnya. Perang saudara meletus tahun 431 S.M. Sparta menebangi pohon zaitun dan menghancurkan tanaman yang lain untuk melumpuhkan ekonomi Athena. Bencana lain yang dialami Athena adalah munculnya wabah penyakit akibat buruknya sanitasi sehingga menyebabkan kematian seperempat jumlah penduduk Athena termasuk Perikles tahun 429 S.M. Kematian Perikles turut menyebabkan lemahnya kepemimpinan Athena. Pada tahun 404 S.M. Sparta dapat mengalahkan Athena karena bantuan Persia.
Perang saudara tersebut dikisahkan oleh sejarawan Thucydides secara ilmiah artinya ia menulis sejarah berdasarkan fakta dan mencoba menuliskannya secara obyektif.

Bagaimana dampak perang Peloponesos ini bagi Yunani ? Ternyata perang tersebut mengakibatkan rapuhnya pertahanan Yunani untuk menghadapi ancaman dari luar berupa penaklukan oleh Raja Macedonia yang dapat Anda pelajari dari uraian berikut ini.

2.
Yunani dikuasai oleh Alexandar Agung dari Macedonia
Perang Peloponesos mengakibatkan Yunani terpecah-pecah dan semakin lemah. Dengan mudah pada tahun 338 S.M. raja Philipus dari Macedonia dapat menaklukkan Yunani. Philipus terbunuh dan digantikan oleh puteranya bernama Alexander Agung yang memerintah pada tahun 336-323 SM.

Amatilah gambar 9 tentang Alexander Agung. Gambar tersebut terdapat pada mata uang 4 drachma yang terbuat dari perak dikeluarkan sekitar tahun 300 S.M.

Gambar 9. Alexander Agung
Alexander Agung menjadi raja pada usia 20 tahun. Ia adalah murid Aristoteles. Cita-citanya adalah menguasai kerajaan dunia pada waktu itu yang meliputi Eropa (Yunani), Afrika (mesir) dan Asia (Mesopotamia dan Persia).
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut Alexander Agung memimpin pasukannya melakukan berbagai penaklukan. Di setiap daerah yang diduduki ia menganjurkan prajuritnya menikahi wanita setempat. Alexander Agung menikahi Roxana, puteri raja Darius III dari Persia, juga puteri Persia yang lain bernama Stateira.
Di wilayah yang telah ditaklukan ia memadukan budaya setempat dengan budaya Yunani sehingga lahirlah budaya baru disebut hellenisme. Alexander Agung juga membangun kota-kota di wilayah kekuasaannya yang semuanya diberi nama Alexandria dan didirikan pula perpustakaan di tiap kota tersebut. Salah satu kota Alexandria yang masih ada Mesir hingga sekarang.
Pada tahun 325 S.M. Iskandar Agung meninggal dunia. Sejak tahun 323 S.M. wilayah kekuasaannya pecah mejadi tiga bagian yaitu Macedonia. Yunani dikuasai oleh Jendral Antigomis, Syria oleh Jendral Seleucos dan Mesir, diperintah oleh Jendral Ptolomeus.

Setelah Anda mempelajari uraian di atas, cobalah Anda menjawab pertanyaan di bawah ini dan tuliskan jawaban Anda pada titik-titik yang tersedia.
1.      Sebutkan dua sebab runtuhnya kejayaan Yunani Kuno !
............................................................................................................................
............................................................................................................................
2.      Jelaskan langkah-langkah yang ditempuh oleh Iskandar Agung untuk menguasai dan mempertahankan daerah kekuasaannya tersebut !
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................

Untuk meyakinkan pemahaman Anda, sekarang simaklah uraian berikut ini untuk mencocokkan jawaban Anda.
1.
a.       Perpecahan dari dalam berupa persaingan Athena dan Sparta yang menyebabkan Perang Peloponesos.
b.      Serangan raja Philipus dari Macedonia dan dilanjutkan oleh Alexander Agung.
2.
a.       Melakukan penaklukan dengan tentara yang tangguh.
b.      Melakukan perkawinan dengan puteri puteri setempat.
c.       Melakukan percampuran kebudayaan.
Bagaimana jawaban Anda, apakah sudah sesuai ?
Bagus, jika Anda menjawab dengan tepat.
Sekian uraian materi dari kegiatan 1. Semoga Anda telah mampu menguasai materi ini dengan baik.
Untuk mengukur pemahaman Anda kerjakanlah latihan soal dengan cermat.


KEGIATAN 1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

 

1.      Tuliskan tiga contoh peninggalan peradaban Pulau Kreta.
2.      Jelaskan tentang latar belakang terbentuknya polis-polis di Yunani.
3.      Jelaskan tentang peranan lembaga-lembaga di bawah ini.
a. gereousia
b. archon
c. ephor
d. aeropagos
4.      Jelaskan seluk beluk tentang Ostracisme yang berkembang di Athena.
5.      Jelaskan tentang kegiatan Olympiade jaman Yunani kuno dan apa peranannya bagi bangsa tersebut.
6.      Sebutkan minimal 3 unsur pemersatu bagi bangsa Yunani.
7.      Jelaskan pandangan/ajaran filsuf Socrates !
8.      Sebutkan sumbangan Plato dan Aristoteles bagi kemajuan pendidikan pada jamannya.
9.      Tuliskan isi sumpah Hipokrates bagi kalangan kedokteran yang berlaku hingga sekarang.
10.  Apa yang Anda ketahui mengenai lari marathon?

Berilah keterangan singkat tentang peristiwa penting yang terjadi sesuai kurun waktu pada bagan di bawah ini.
  1. Tahun 2600 S.M. – 2000 S.M. : ....
  2. Tahun 2000 S.M. : ....
  3. Sekitar Tahun 462 S.M. : ....
  4. Tahun 431 S.M. – 404 S.M. : ....
  5. Tahun 336 – 323 S.M. : ....


Seyogyanya Anda tidak membaca kunci jawaban dari tugas 1 ini sebelum selesai mengerjakan sendiri. Jika Anda telah selesai mengerjakannya kemudian cocokkan jawaban Anda dengan jawaban di halaman belakang modul ini.
Jika masih ada kesalahan cobalah Anda membaca kembali uraian kegiatan 1 ini sampai Anda memahami dengan baik.

Semoga Anda sukses selalu.



 

 

PERADABAN ROMAWI KUNO

 

Setelah mempelajari kegiatan 2 modul ini, Anda dapat:
1. menjelaskan kehidupan masyarakat Romawi;
2. menjelaskan sistem pemerintahan Romawi;
3. menjelaskan sistem kepercayaan Romawi; dan
4. menjelaskan peninggalan budaya Romawi;

Pokok-pokok Materi:
1. Kehidupan masyarakat Romawi
2. Sistem pemerintahan Romawi
3. Kepercayaan bangsa Romawi
4. Hasil-hasil peninggalan budaya Romawi

Tentu Anda pernah mendengar ungkapan “Banyak jalan ke Roma”. Pernahkah Anda membayangkan keindahan kota Roma? Roma merupakan gambaran kesuksesan dan tingginya peradaban yang dapat terwujud karena kerja keras manusia. Pada kegiatan 2 ini, Anda akan mempelajari tingginya peradaban Romawi. Bersama peradaban Yunani serta agama Nasrani, menjadi pilar peradaban modern Eropa maupun dunia.

Kehidupan Masyarakat Romawi


Gambar 10. Peta Romawi Kuno

Sebelum Anda membaca uraian di bawah ini amatilah kedua gambar peta yang tersaji agar pemahaman Anda semakin jelas.
Romawi terletak di Semenanjung Apenina atau Italia sekarang yang bentuknya seperti sepatu Lars. Perkembangan Romawi dipengaruhi antara lain:
·         Lokasinya strategis di kawasan Laut Tengah yang cocok untuk perdagangan
·         Aman dari serbuan bangsa asing karena terlindung oleh alam. Di utara adalah Pegunungan Alpen, di timur adalah Laut Adriatik dan Laut Ionia. Di selatan adalah Laut Sicilia dan di barat adalah Laut Tirenia serta Laut Liguri.
·         Iklim yang nyaman dan tanah yang subur untuk kegiatan pertanian.
·         Kota Roma sebagai cikal bakal peradaban Yunani dibangun di atas tujuh bukit di tepi sungai Tiber, sehingga keadaannya aman dan terlindung.

Gambar 11. Italia pada abad 6 SM

Orang-orang Italia awal terdiri dari banyak suku yang masing-masing mempunyai bahasa dan kebudayaan sendiri. Pemukim yang paling awal adalah Suku Liguria kemudian berdatangan Suku Umbria, Latin dan Samnite kemungkinan berasal dari Eropa Tengah. Setelah itu datanglah Suku Etruska dari Asia Kecil lalu orang-orang Kartago dan Yunani yang mendirikan koloninya di Italia Selatan.
Siapakah cikal bakal bangsa Romawi yang mendirikan pemerintahan di Roma? Salah satu sumber yang digunakan adalah legenda karya Vergellius yang berjudul “Aeneis”.
Kitab tersebut mengisahkan seorang pelarian dari Troya yang dikalahkan oleh Yunani dalam perang Troya bernama Aeneas ke negeri Latin di Italia. Kemudian puteranya yang bernama Ascanius pindah ke pedalaman dan mendirikan kota Alba Longa. Beberapa lama kemudian keturunan Aeneas yang bernama Rhea Silva diusir pamannya yang bernama Amulius karena telah melahirkan bayi kembar bernama Remus dan Romulus. Oleh Amulius kedua bayi tersebut diperintahkan untuk dibuang di sungai Tiber. Kedua bayi tersebut dirawat oleh serigala sampai ditemukan oleh seorang penggembala dan diasuhnya. Setelah dewasa mereka mendirikan kota Roma. Namun Romulus membunuh Remus dalam suatu pertengkaran sehingga Romulus menjadi penguasa tunggal di kota tersebut yang dinamai Roma. Untuk mengabadikan kisah tersebut dibuatlah patung perunggu berbentuk seekot serigala sedang menyusui bayi kembar yang dapat Anda lihat gambarnya dibawah ini.
Dari legenda tersebut dapat memperjelas uraian mengenai kedatangan bangsa asing misalnya bangsa Etruska dari padang rumput sekitar Laut Kaspia yang kemudian melakukan percampuran darah dengan penduduk yang lebih dahulu mendiami Italia.










Gambar 12. Bayi Kembar sedang menyusu Serigala

Seperti sudah Anda baca pada uraian di atas, masyarakat hidup dari sektor pertanian serta perdagangan dan pelayaran. Hubungan dagang dijalani dengan bangsa-bangsa di sekitar Laut Tengah bahkan pada masa Kaisar Octavianus Agustus hubungan dagang meluas sampai ke negeri Cina melalui jalur perdagangan yang disebut “Silk Road” (jalan sutera). Mereka mengekspor keramik, barang-barang dari besi dan perunggu, dan kayu serta minuman sejenis anggur. Sedangkan barang impor antara lain sutera dari Cina, rempah-rempah dari Indonesia, katun dan mutiara dari India. Dari Mesir diimpor gading, kertas dan binatang buas. Dari Asia Barat didatangkan permadani, batu permata, garam dan ikan.

Bangsa Romawi juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam pengolahan logam, penggunaan batu untuk bangunan, tehnik lengkung (Arch) serta tehnik pengeringan rawa yang mereka peroleh dari Suku Etruska. Bangsa Romawi mewarisi kebajikan dari leluhurnya seperti kekuatan, ketekunan, keuletan, kesetiaan serta melakukan apa yang perlu dikerjakan dengan kedisiplinan.
Sikap inilah yang menghantar Romawi menuju kejayaannya.

Setelah mempelajari uraian diatas, kini jawablah pertanyaan di bawah ini pada titik-titik yang tersedia.
1.   Sumber sejarah Romawi antara lain berasal dari legenda Aineas karya ....
2.   Romawi didirikan oleh dua saudara kembar yaitu ....
3.   Bangsa Romawi berasal dari campuran penduduk asli dan pendatang yang masing- masing adalah... dan....
4.   Perdagangan Romawi terjalin dengan bangsa-bangsa lain dan mengimpor barang dari:
a. Asia Barat : ....
b. Mesir : ....
c. Indonesia : ....
d. India : ....
e. Cina : ....
5.   Sikap hidup bangsa Romawi yang diwarisi dari leluhurnya adalah....

Setelah menyelesaikan jawaban Anda, sesuaikan jawaban tersebut dengan keterangan di bawah ini.
1. Vergelius
2. Remus dan Romulus
3. Latin dan Etruska
4. a. Permadani, batu permata, garam dan ikan
    b. Kertas, gading dan binatang buas
    c. Rempah-rempah
    d. Katun dan mutiara
    e. Sutera
5. Kuat, tekun, ulet, setia, disiplin
Bagaimana jawaban Anda. Tentu jawaban Anda akan tepat jika benar-benar Anda teliti dalam belajar. Selamat untuk Anda.
Setelah Anda mempelajari keadaan masyarakat Romawi, Anda juga dapat mengetahui sistem pemerintahan Romawi. Silahkan Anda menyimak uraian materi berikut ini.

Sistem Pemerintahan Romawi

Secara garis besar sistem pemerintahan Romawi dapat digambarkan pada bagan sebagai berikut:

Bagan 1. Perkembangan pemerintahan Romawi (Setiap jarak tahun diberi warna beda)
1.
Kerajaan (Monarkhi) 750 SM-500 SM
Pada mulanya Romawi berbentuk kerajaan (Monarkhi)dengan rajanya yang pertama adalah Romulus. Raja-raja Romawi ini berasal dari keturunan pendatang yaitu bangsa Etruska yang memerintah penduduk asli sebelumnya yaitu suku bangsa Latin.

Meskipun di bidang ekonomi kerajaan Roma mengalami perkembangan namun bangsa Latin merasa tidak senang terhadap penguasa asing yang mengenakan undang-undang militer kepada mereka. Terjadilah pemberontakan penduduk Roma yang berhasil menggulingkan raja Tarquin yang sombong sebagai raja terakhir Romawi pada tahun 509 SM dipimpin oleh Lucius Junius Brutus.
Bagaimana keadaan Romawi selanjutnya? Simaklah uraian di bawah ini dengan seksama.

2.
Republik Romawi, 500 SM-27 SM
Pada masa Republik penduduk terbagi atas dua golongan yaitu: Patricia dan Plebea. Patricia berasal dari kalangan pemilik tanah yang luas atau orang yang secara turun temurun sudah merupakan kelas aristrokat (bangsawan). Golongan patricia dianggap sebagai warga negara secara penuh. Patricia berasal dari bahasa Latin “patres” yang berarti ayah, sedangkan Plebea berasal dari bahasa Latin “plebs” yang berarti orang banyak. Mereka dianggap warga negara secara tidak penuh, namun masih memiliki beberapa hak politik dan hak untuk mengumpulkan kekayaan.
Orang-orang dari golongan patricia memegang kedudukan dalam lembaga-lembaga politik yaitu Konsul, Senat dan Majelis atau Asembly. Masing-masing lembaga politik tersebut dapat Anda pelajari rinciannya sebagai berikut::
a.       Konsul:
merupakan jabatan pemegang eksekutif untuk masa jabatan satu tahun. Konsul berjumlah 2 orang. Masing-masing konsul memiliki hak saling memveto sehingga keputusan penting harus didukung oleh kedua orang tersebut.
Konsul juga merupakan panglima angkatan perang.Dalam keadaan darurat perang dengan persetujuan senat, konsul dapat menyerahkan kekuasaannya ketangan satu orang yang disebut “diktator”. Pengertiannya sangat berbeda dengan diktator jaman sekarang. Diktator pada jaman Republik Romawi menjaga kekuasaan secara konstitusional dalam waktu pendek paling lama 6 bulan dan bila dibutuhkan dapat diperpanjang.
b.      Senat:
adalah Dewan yang anggotanya terdiri dari orang-orang patricia, berjumlah sekitar 300 orang, berasal dari mantan pejabat konsul. Konsul tunduk pada senat. Senat juga memiliki hak veto terhadap keputusan Majelis.
Dari uraian di atas jelas bahwa Senat memiliki pengaruh yang sangat besar di Romawi.
c.       Majelis:
adalah lembaga yang anggotanya berasal dari golongan patricia maupun plebea. Tugas Majelis adalah :
- memilih para konsul dan pejabat-pejabat yang lain.
- menyetujui atau menolak perundang-undangan yang diajukan oleh konsul dan senat.
Pada awal pemerintahan Republik Roma merupakan suatu Oligarkhi karena yang menduduki posisi penting dalam pemerintahan adalah sekelompok kecil orang-orang dari golongan patricia. Dalam perkembangan kemudian untuk memberikan kesempatan yang sama bagi golongan plebea duduk dalam lembaga-lembaga pemerintahan dibuatlah undang-undang pertama Roma yang tertulis tahun 449 SM. Yang dikenal sebagai “Dua Belas Tabel”
Susunan masyarakat setelah bersatunya golongan bangsawan dan masyarakat biasa adalah sebagai berikut :
- optimat : terdiri dari bangsawan dan rakyat biasa yang kaya
- equites : para pedagang dan pengusaha
- populus : rakyat biasa yang memiliki suara di Dewan Rakyat
- budak : tawanan perang, yang tidak mempunyai hak
- poletar : warga negara Roma yang hanya memiliki dirinya sendiri
Selama masa Republik apakah wilayah Romawi bertambah luas? Dapat Anda pastikan wilayah Romawi semakin luas. Untuk memperkuat pertahanannya selain Republik Roma mengembangkan pemerintahan yang teratur dan meningkatkan angkatan perangnya.
Republik Roma mewajibkan seluruh warganya masuk dinas ketentaraan. Unit angkatan perang dikenal dengan nama Legiun yang terdiri dari 3600 prajurit. Legiun dibagi menjadi kelompok kecil antara 60 hingga 120 orang yang disebut Maniple (secara harfiah berarti segenggam). Ekspansi yang dilakukan oleh Romawi adalah sebagai berikut:
1.      Sampai dengan tahun 265 SM, Romawi berhasil menduduki Jazirah Apenina termasuk koloni Yunani.
2.      Terlibat perang Phunicia yang berlangsung sampai 3 kali. Sebab terjadinya perang Phunicia adalah permintaan raja Syracuse dari Sicilia terhadap Roma untuk membantu menghadapi expansi kota dagang Kartago.
-
Perang Phunicia I tahun (264 - 241SM) Romawi menang dan memperoleh Sicilia Barat sebagai penghasil gandum.
-
Perang Phunicia II (218 - 201 SM).
Pasukan Kartago dipimpin oleh Hannibal mengerahkan kekuatannya untuk masuk ke Italia melalui Spanyol dan Pegunungan Alpen. Hannibal juga meminta bantuan Suku Gaul untuk memperkuat pasukannya. Walaupun demikian Hannibal gagal menaklukkan Romawi, bahkan pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil menyerbu Afrika Utara.
Pada tahun 201 SM Kartago tunduk kepada Roma dan menyerahkan daerah jajahannya di Spanyol kepada Roma.


Gambar 13. Patung Dada Hannibal

-
Perang Phunicia III (149 - 146 SM).
Pasukan Romawi dapat menghancurkan Kartago setelah senator Romawi yang bernama Cato berpidato “Delenda est Carthago” (Karthago harus dihancurkan). Bangunan-banguna dihancurkan rata dengan tanah dan wilayah kekuasaannya dijadikan wilayah kekuasaan Romawi.

3.      Pada awal kedua SM, Romawi dapat mengalahkan Macedonia dan Syiria.
Setelah berhasil menaklukkan daratan di sekitar Laut Tengah maka bangsa Romawi menganggap Laut Tengah sebagai miliknya. Laut Tengah disebut Mare nostrum atau Laut Kita.
Siapakah negarawan Romawi pada masa Republik? Negarawan-negarawan Romawi tersebut antara lain:
a.       Tiberius Gracchus (163 - 133 SM). Ia berusaha memperbaiki nasib para petani melalui Land reform (pembaharuan hak pemilikan tanah) namun gagal dan ia terbunuh.
b.      Gayus Gracchus (153 - 121 SM). Ia melanjutkan tindakan Land reform namun juga tewas ditangan musuh.
c.       Marius (155 - 86 SM) yang berkuasa secara otokratis namun gagal dalam memperbaiki kehidupan politik.
d.      Sulla (83 - 79 SM). Semasa pemerintahannya, ia banyak memihak senat. Ia memerintah sebagai diktator selama 4 tahun.
e.       Trium Vurat I (Tiga Serangkai) yaitu Pompeyus, Crussus dan Yulius Caesar. Dari ketiga tokoh tersebut akhirnya Yulius Caesar tamoil sebagai penguasa tunggal. Untuk mengenal tokoh Yulius Caesar, amatilah gambar di bawah ini.

Catatan menarik yang perlu Anda ketahui mengenai tokoh Yulius Caesar adalah:
mengalahkan bangsa Galia di Perancis Selatan, kemudian dibukukan dengan judul “Oe Belo Gallica”.

Gambar 14. Patung Yulius Caesar
Sebagai gambaran mengenai peperangan melawan bangsa Galia perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar 15. Penyerang benteng Tentara Romawi diatas menara


Gambar 16. Onager-Onager atau Ketapel

§  Dalam peperangannya di Asia Kecil, ia mengirim pesan yang terkenal ke Roma yang berbunyi Veni, Vidi, Vici artinya: saya datang, saya melihat dan saya menang.
§  Memperbaharui kalender Romawi sehingga disebut Kalender Julian yang hitungannya setahun ada 365 hari serta dikenal tahun kabisat seperti kalender sekarang. Tahukah Anda tahun kabisat itu?
§  Kelahiran Yulius Caesar adalah melalui operasi sehingga persalinan dengan operasi kini disebut operasi caesar.
Keberhasilan Yulius Caesar sebagai penguasa republik Roma menimbulkan iri hati para musuhnya antara lain Brutus dan Cassius yang membunuh Yulius Caesar tahun 14 SM.

f.       Bagaimana situasi Romawi sepeninggal Yulius Caesar?
Kematian Yulius Caesar menyebabkan kekacauan di Romawi. Muncullah tiga serangkai yang kedua terdiri dari Octavianus (anak angkat Yulius Caesar) Lepidus dan Antonius. Ketiga tokoh tersebut segera membagi kekuasaan. Leppidus di Afrika Utara, Octavianus menguasai wilayah barat yang berkedudukan di Roma sedangkan Antonius menguasai wilayah timur yang berkedudukan di Mesir yang saat itu diperintah oleh ratu Cleopatra. Mesir mempunyai kedudukan yang strategis antara lain sebagai gudang gandum untuk Roma.
Antonius terpikat dan menikahi Cleopatra yang mempunyai keinginan yang sama untuk membebaskan Mesir dari kekuasaan Republik Romawi. Hal ini menimbulkan kemarahan Octavianus sehingga terjadilah peperangan. Kedua pasukan bertemu di Teluk Actium (Italia Selatan) yang dimenangkan oleh Octavianus. Antonius dan Cleopatra kembali ke Mesir dan bunuh diri.
Sampai disini uraian mengenai pemerintahan Republik Romawi. Untuk mengetahui pemahaman Anda, kerjakanlah soal yang tersaji di bawah ini dengan teliti.

Tabel 3. Romawi pada masa Republik
Setelah Anda menyelesaikan jawaban di atas kemudian cocokkanlah dengan keterangan di bawah ini.
1.      Dewan perwakilan Rakyat yang di bentuk sejak zaman kerajaan Romawi
2.      Golongan bangsawan dan orang kaya jaman kerajaan Romawi
3.      Raja terakhir Romawi yang dijatuhkan oleh rakyat yang dipimpinin oleh Lucius Jumius Brutus
4.      Pemegang pemerintahan pada masa Republik berjumlah 2 orang
5.      Warga negara Roma yang hanya memiliki dirinya sendiri
6.      Perang Romawi melawan kerajaan Phunisia di kartago memperebutkan kekuasan Laut tengah yang berlangsung 3 kali yaitu: 264-241 SM,218-201 SM dan 146 SM
7.      Tokoh republik Romawi yang memperjuangkan Land reform bagi kepentingan petani namun ia tewas terbunuh
8.      Salah satu Trium Virat I, Republik Romawi yang terkenal dengan semboyan Veni,Vidi, Vici, pengarang buku Debelo Gallica
9.      Tiga serangkai yang terdiri dari Octavianus, Lepidus, Antonius
10.  Ratu mesir yang menikah dengan Antonius dari Romawi yang bunuh diri berdua setelah dikalahkan oleh Octavianus.
Bagaimana jawaban Anda setelah dicocokan? Tepatkan? jika Anda sudah bersungguh-sungguh dalam mempelajari tentu semuanya tepat, selamat untuk Anda.
Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari tentang pemerintahaan Romawi yang berbentuk kekaisaran.

3.
Kekaisaran Romawi 27 SM-395
Seperti yang telah Anda pelajari melalui bagan sistem pemerintahaan Romawi pada uraian sebelumnya maka masa kekaisaran Romawi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu. Masa pax Romana (Inperium Romawi) dari tahun 27 SM sampai dengan tahun 180 M dan sebelumnya, tahun 180-395 Kekaisaran Romawi mengalami masa Kemunduran. Pada masa Pax Romana, Imperium Romawi mengalami masa kejayaan yang diperintah oleh 16 orang kaisar mulai dari kaisar Oktavianus Agustus sampai Marcus Aurelius.
Apakah Anda mengetahui makna Pax Romana?
Pax Romana berarti perdamaian di bawah pemerintahan Romawi, maksudnya seluruh wilayah yang dikuasai oleh imperium Romawi tunduk di bawah pemerintah Romawi yang kuat. Sebagai perbandingan,Belanda selama menjajah Indonesia pernah memperaktekan istilah Pax Neer landica di Indonesia (Hindia Belanda) sejak awal abad XX.

Apakah Anda sudah pahami? Jika sudah, Bagus! Sekarang Anda dapat melanjutkan uraian berikutnya mengenai pemerintahan kaisar-kaisar Roma.



a.       Octavianus Augustus (27 SM - 14 SM)
Setelah mengalahkan Antonius, Octavianus menjadi orang terkuat di Romawi.
Oleh senat ia diangkat menjadi kaisar yang pertama dan memperoleh beberapa gelar yaitu: Augustus artinya maha mulia, Imperator artinya panglima tertinggi, Pontifex Maximus artinya kepala agama bahkan kemudian dianggap sebagai dewa, Princep Civitas artinya warga kota yang utama.
Kaisar Augustus memerintah secara diktator namun disegani oleh rakyatnya. 

Gambar 17.
Kaisar Octavianus Augustus
Pada masa Pax Romana lahirlah Nabi Isa (Yesus Kristus) di Judea sebagai salah satu propinsi/daerah jajahan Romawi. Ajaran Kristen kemudian menyebar ke Roma dan pengaruhnya besar sekali terhadap peradaban Eropa. Pemerintahannya maju pesat sehingga disebut jaman keemasan Romawi. Kota Roma dibangun sangat megah, hubungan dagang yang luas bahkan sampai ke Cina melalui jalan sutera (silk road). Anda tentu masih ingat bahwa peradaban Eropa di bangun dari kebudayaan Yunani, Romawi dan agama Nasrani.
Dalam bidang pemerintahan ,tindakan kaisar Octavianus yang penting antara lain :
- mengadakan konsolidasi pemerintahan,
- menghilangkan kekuasaan Senat,
- membangun administrasi yang tersentralisasir dan efektif,
- peresmian lembaga adopsi (pengangkatan) sebagai pewaris kekayaan, dan
- memberikan subsidi bagi warga negara yang kawin secara syah.
b.      Tiberius (14 - 37 ): merupakan anak tiri yang sekaligus menantu kaisar Augustus.
c.       Caligula (37 - 41 ): dianggap kaisar kurang waras karena mengangkat kuda kesayangannya menjadi konsul.
d.      Claudius (41-54): menempatkan Inggris dibawah pengawasan Romawi.Ia memperkenalkan adat istiadat kesusasteraan dan bahasa latin sehingga berpengaruh bagi kebudayaan Inggris.
e.       Nero (54- 68): merupakan kaisar yang kejam. Ia tega membunuh ibunya, saudaranya, istrinya, bahkan gurunya yang bernama Seneca. Ia membakar kota Roma namun dituduhkan orang-orang kristen sebagai pelakunya sebagai alasan untuk menganiaya mereka.

Gambar 18. Patung dada Kaisar Nero
f.       Galba (68 - 69)
g.      Otho (69)
h.      Vittellius (69)
i.        Vespasianus (69 - 79), merupakan kaisar yang membangun Colloseum.
j.        Titus (79 - 81), ia diperintah oleh Vespasianus, ayahnya untuk menggempur Yerusalem dan mengusir bangsa Yahudi keluar dari negerinya. Pada masa pemerintahannya meletuslah Gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Pompeii.
k.      Domitianus (81 - 96), berhasil menguasai Inggris dan Scotlandia. Ia menuntut dirinya disembah sebagai dewa.

l.        Nerva (96-98)
m.    Trayanus (98 - 117). Imperium Romawi pada masa Trayanus memiliki wilayah terluas meliputi: sebelah barat adalah Laut Atlantik, sebelah timur adalah sungai Eufrat dan Laut Hitam, sebelah utara adalah sungai Donau dan sungai Rhein, sebelah selatan adalah Gurun Sahara dan Gurun Arabia.
n.      Hadrianus (117 - 138). Merupakan kaisar yang membangun tembok (limes). Peninggalannya dapat ditemukan di Inggris dan Eropa Tengah antara sungai Rhein dan sungai Donau.
Perhatikan gambar 19.

Gambar 19.
Tembok Hadrianus
Gambar tersebut menunjukkan limes Hadrianus yang dibangun sepanjang 118 km di Inggris. Masih ingatkah Anda, bangsa mana yang membangun tembok besar seperti peninggalan kaisar Hadrianus tersebut? Apakah fungsinya?
o.      Antonius Pius (138 - 161)
p.      Marcus Aurelius (161 - 180): merupakan kaisar yang mencintai ilmu pengetahuan, filsafat dan sastra.
Bagaimana para kaisar mampu memerintah atas wilayah imperium yang sangat luas itu? Hal itu dimungkinkan karena pemerintahan lebih bersifat federasi dari pada desentralisasi. Tiap-tiap negara boleh menyelenggarakan pemerintah sendiri dengan kewajiban: membayar pajak, membantu tenaga untuk berperang serta menyelenggarakan dan mengawasi upacara pemujaan kepada kaisar.
Sejak tahun 180 kekaisaran Romawi mengalami kemunduran. Kurang lebih 100 tahun Romawi diliputi oleh kekerasan dan perang saudara. Beberapa kaisar yang memerintah pada masa kemunduran ini antara lain: Diocletianus (284 - 305), merupakan kaisar yang kejam. Ia memerintahkan pembunuhan terhadap pengikut agama kristen. Mereka yang berhasil meloloskan diri membuat lubang perlindungan di gua-gua karang yang disebut Catacombe. Kaisar berikutnya adalah Konstantin yang Agung (324 - 337). Ia memindahkan ibukota Romawi dari Roma ke Bizantium (Konstantinopel) yang kini disebut Istambul. Pada tahun 313 Konstantin mengeluarkan Edic Milan yang berisi perintah menghentikan pengejaran terhadap umat kristen dan menetapkan agam kristen menjadi agama resmi negara: Kaisar Thedosius (378 - 395) menetapkan agama kristen sebagai agama negara. Ia membagi wilayah kekaisaran untuk kedua putranya: Kekaisaran Romawi Barat beribukota di Roma untuk Honorius, putra bungsunya dan putra sulung yang bernama Archadius berkuasa di Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel.
Setelah membaca uraian di atas, mungkin dalam hati Anda timbul pertanyaan: “Bagaimana keadaan kekaisaran Romawi Barat dan Timur setelah pembagian pada tahun 395 itu”? Tentukanlah jawabannya dengan membaca uraian di bawah ini.
Keadaan Romawi Barat mengalami kemunduran baik dalam bidang perdagangan maupun industri, akibatnya keuangan negara lemah, inflasi tidak tertahankan lagi dan nilai uang merosot. Para pedagang mengalihkan usahanya ke bidang pertanian, proses ekonomi berubah dari perekonomian uang ke rumah tangga perekonomian tertutup. Kota mundur dan keamanan tidak terjamin. Pada abad ke 5 yaitu tahun 476 Odoker menamakan dirinya raja Germania di Italia. Romawi Barat terpecah menjadi beberapa kerajaan yang diperintah oleh raja-raja Germania. Seperti Goth Timur, Goth Barat, Burgundia, Vandal, Lambordia dan Francia (Perancis, Belgia, Belanda, Jerman Barat).
Wilayah Romawi Timur meliputi: Semenanjung Balkan, Asia Kecil (sampai Armenia), Syiria sampai Eufrat dan Mesir. Setelah tahun 476 hubungan Romawi Barat dan Romawi Timur praktis putus. Romawi Timur dapat bertahan sampai tahun 1453 dengan melakukan perdagangan dan setiap serangan dari bangsa Barbar disikapi dengan memberi upeti. Pada tahun 1453 akhirnya Konstantinopel dikuasai oleh Sultan Muhammad II dari Turki. Kaisar Romawi Timur yang terkenal antara lain adalah Yustinianus.
Setelah Anda memahami uraian tentang masa kekaisaraaan Romawi kemudian kerjakanlah pertanyaan yang ada pada tabel di bawah ini.

Tabel 4. Peristiwa penting pada masa kekaisaran Romawi
Setelah Anda menuliskan jawaban di atas kemudian cocokkan jawaban Anda dengan uraian di bawah ini:
1.      Octavianus
2.      Vespasianus
3.      membangun limes (tembol pertahanan) di Inggris dan Eropa Tengah.
4.      memindahkan ibu kota Romawi ke Konstantinopel dan mengeluarkan Edik Milan tahun 313 yang menetapkan agama kristen diakui oleh negara.
5.      Titus
6.      membagi kekuasaan Romawi menjadi dua bagian yaitu: Romawi Barat beribu kota Roma, Romawi Timur beribu kota Konstantinopel (Bizantuum).
7.      kaisar yang kejam, membunuh ibu, saudara, isteri, dan gurunya. Membakar Roma, menganiaya orang kristen.
8.      kaisar yang gemar filsafat, sastra, dan ilmu pengetahuan.
Bagaimana jawaban Anda, sudah sesuaikah? Tentu, dan selamat untuk Anda.
Sebagai kesimpulan dari pembahasan tentang sistem pemerintahan Romawi kuno perhatikanlah bagan 2 di bawah ini
Bagan 2. Sistem Pemerintahaan Romawi
Dengan membaca bagan tersebut Anda tentu merasa lebih mantap dan menguasai materi tentang sistem pemeriiintahan Romawi. Pada uraian selanjutnya Anda dapat mempelajari sistem kepercayaan Romawi.

Sistem Kepercayaan Bangsa Romawi

Ketika kerajaan Romawi berdiri, kepercayaan masyarakat masih bersifat anisme. Apakah Anda masih ingat apa arti anisme? Anisme adalah kepercayaan dan pemujaan terhadap roh.
Bangsa Romawi memuja beberapa roh seperti:
- Vesta yaitu roh pengurus api tungku
- Lares yaitu roh penjaga rumah tangga dan batas ladang keluarga
- Penates yaitu roh penjaga lumbung
Peradaban Romawi juga mendapat pengaruh besar dari peradaban Yunani termasuk kepercayaan yang bersifat Polytheisme. Bangsa Romawi juga menyembah dewa-dewa bangsa Yunani namun namanya disesuaikan dengan nama-nama Romawi.

Tabel 6. Dewa-dewi yang disembah itu antara lain:
Bagaimana perkembangan kepercayaan bangsa Romawi berikutnya? Setelah lahirnya agama kristen, ditanah Judea yang merupakan wilayah kekaisaran Romawi maka agama yang baru ini mulai berkembang bahkan sampai di Roma sebagai pusat pemerintahan. Penyebaran ke arah barat dilakukan oleh Petrus dan Paulus. Penganut agama kristen semakin banyak terutama dari golongan budak (kaum tertindas).
Mengapa para kaisar Romawi lalu memerintahkan pasukannya untuk menindas penganut agama kristen? Karena ajaran agama kristen dapat menggoyahkan sendi-sendi kekuasaan kaisar. Ajaran tersebut adalah:
a. bersifat monotheisme sedangkan agama Romawi bersifat polytheisme,
b. menolak pendewaan kaisar,
c. menolak perbudakan, dan
d. menolak wajib militer dan berperang.

Berkaitan dengan kepercayaan itu berkembanglah bangunan pemujaan terhadap dewa-dewi seperti gedung Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi. Setelah agama kristen ditetapkan sebagai agama negara maka Roma kemudian menjadi pusat agama Roma Katolik dengan pemimpinnya yang disebut Paus serta dibangun gereja yang megah dikenal sebagai gereja Santo Petrus.

Dari uraian mengenai kepercayaan Romawi di atas terdapat nama-nama dewa yang juga dipakai untuk nama-nama planet di jagat raya.
Tuliskanlah nama-nama planet tersebut pada titik-titik di bawah ini.
a)...         b)...         c)...         d)...
Jika jawaban Anda adalah: Yupiter, Mars, Mercurius dan Venus berarti sudah tepat, selamat untuk Anda.
Pada bagian akhir kegiatan 2, berikut ini Anda akan mempelajari peninggalan budaya Romawi yang menjadi warisan bagi umat manusia.

Peninggalan Budaya Romawi

1.
Seni Bangunan:
Bangsa Romawi memiliki keahlian yang tinggi dalam bidang seni bangunan-mereka telah menemukan sistem beton sehingga bangunan-bangunan mereka bertahan beberapa abad dan dapat ditemukan bekas-bekasnya sekarang. Peninggalan bangunan-bangunan Romawi itu antara lain:
  • Puluhan kuil yang bertebaran di kota Roma
  • Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi.
  • Limes yaitu tembok pertahanan yang panjangnya puluhan kilometer, lebar 2,5 m dan tingginya 6 m
  • Amphiteater dan Colloseum yaitu bangunan berbentuk stadion yang dapat menampung ratusan ribu penonton. Bangunan itu berfungsi sebagai tempat untuk pertunjukan hiburan.
    Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 20. Collosium, tempat pertunjukan gladiator
Masyarakat Romawi umumnya menyenangi hiburan. Pertunjukan yang diadakan di Collosium antara lain Chairot yaitu kereta perang yang ditarik oleh beberapa ekor kuda. Gladiator yaitu perkelahian antara manusia dengan manusia atau manusia dengan binatang buas :
·         Circus Maximus untuk pertunjukan hiburan sirkus.
·         Forum Romanum yaitu gedung pemerintahan.
·         Cloaca Maxima adalah saluran pengairan untuk menyalurkan kelebihan air hujan yang hingga sekarang terpelihara dengan baik.
·         Aquaduk yaitu bangunan saluran air bersih. Bangunan fisik yang dibangun oleh Romawi memiliki multi fungsi contoh: jalan raya di atas untuk mempercepat gerakan tentara dari pusat ke daerah sedangkan di bawahnya untuk keperluan irigasi. Salah satu jalan raya yang kuat yaitu Via Apia yang masih terpelihara hingga sekarang.

Gambar 21. Aquaduk, Bangunan Saluran Air
2.
Seni Sastra
Pada awalnya perkembangan karya sastra Romawi mendapat pengaruh yang kuat dari Yunani namun berangsur-angsur karya mereka menampakkan ciri khas Romawi.
Selain penulisan buku Aeneis karangan Vergelius dan karya Yulius Caesar berjudul De Bello Gallica masih banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga Romawi kuno. Antara lain:
  • Horatius dengan karyanya berjudul Oda
  • Livius, seorang sejarahwan yang menulis buku berjudul Magnum Opus
  • Lucretuis, seorang filsuf dan penyair. Yang mengembangkan ajaran filsuf Yunani terkenal yaitu Epi Curuc karyanya berjudul Hukum Alam ditulis dalam bentuk puisi yang mengupas materi itu terdiri dari atom.
  • Ovidius menghasilkan karya sastra berjudul Metamorphoses.
  • Cicero yang ahli pidato corator dan memperoleh gelar “Bapak Prosa Latin”.
  • Quintilianus, seorang Orator terkenal dan guru retotika karya utamanya berjudul Institutio Oratorio menjadi buku pelajaran baku pidato Latin.
  • Seneca seorang penulis dan pengacara, hasil karyanya disebut Dialog. Ia adalah guru kaisar Nero.
Demikian uraian mengenai seni sastra. Apakah Anda tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai karya sastra para pujangga Romawi? Jika ya, pinjamlah di perpustakaan sekolah penyenggara, mungkin ada buku-buku yang Anda inginkan. Peninggalan budaya selanjutnya yang dapat Anda pelajari adalah ilmu pengetahuan.
3.
Ilmu Pengetahuan
Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi meneruskan pengetahuan yang telah berkembang pada jaman Yunani kuno. Diantara para ilmuwan Romawi antara lain Galen, ahli dalam bidang obat-obatan, anatomi, dan fisiologi. Lucretius yang mengikuti jejak Epicurus dan berpendapat materi itu terdiri dari atom.

Gambar 22. Rodus kedokteran

Gambar 23. Alat-alat bedah

Bangsa Romawi lebih menekankan segi kepraktisan, bukan teori semata. Sumbangan bangsa Romawi di bidang kedokteran dan obat-obatan sangat besar bagi dunia sekarang. Mereka telah menggunakan radas kedokteran seperti pada gambar di atas. Radas kedokteran tersebut ditemukan di Pompeii, salah satu diantara 200 perkakas kedokteran untuk memeriksa bagian dalam ibu yang mengandung. Radas yang disebut spekulum ini menyerupai radas yang digunakan jaman sekarang.
Pada gambar 23 di atas adalah alat-alat bedah antara lain jepitan (Tweezer). Para dokter berhasil melakukan operasi gondok, amandel, dan batu ginjal. Para dokter berhasil menolong kelahiran seorang bayi yang tidak dapat dilahirkan secara normal yang disebut operasi caesar (disebut demikian karena pertama kali untuk melahirkan Yulius Caesar).
Banyak istilah-istilah kedokteran sekarang yang menggunakan bahasa Latin.
Pendidikan sangat diperhatikan yang mengajarkan tentang hukum, bahasa, pengetahuan obat-obatan, berpidato, patriotisme dan pendidikan jasmani sehingga lahirlah istilah “mensana in corporesano”. Tahukah Anda, apa arti ungkapan tersebut?
Majunya peradaban Romawi juga dibuktikan melalui tata pemerintahan yang teratur, militer yang tangguh dan hukum yang mantap seperti yang dapat Anda pelajari berikut ini.

4.
Pemerintahan, Militer dan Hukum
Tata pemerintahan Romawi tersusun rapi yang dijalankan dengan beberapa sendi sebagai berikut:
  • pemerintahan sentralisasi, berpusat pada kaisar.
  • pelaksanaan ketertiban dan keamanan secara ketat.
  • komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah terpelihara dengan baik didukung oleh sarana dan prasarana yang baik.
  • Hirarki dimulai di imperium-pretectur-dioceses-propinsi.
  • untuk mempertahankan kekuasaan atas wilayah yang sangat luas ditempuh siasat devide et impera yang kemudian banyak ditiru oleh bangsa-bangsa modern yang melakukan penjajahan contohnya Belanda di Indonesia.

Bangsa Romawi mampu mengorganisir kekuatan militernya dengan rapi. Istilah-istilah yang digunakan itu masih dikenal dalam dunia militer hingga sekarang misalnya legiun, devisi, kavaleri, infantri dan lain-lain. Semangat bela negara yang disebut patria protesta ditanamkan sedini mungklin terhadap warga negaranya. Istilah tersebut berkembang menjadi kata patriot yang Anda kenal di Indonesia.



Di bidang hukum bangsa Romawi memberikan sumbangan yang besar dalam menegakkan keadilan. Konsep bahwa semua orang sama di depan hukum serta adanya asas praduga tak bersalah telah dikembangkan pada hukum Romawi kuno. Hukum Romawi adil dan manusiawi. Hukum Romawi berkembang melalui proses sejarah yang panjang sejak pertengahan abad 5 SM sampai lahirnya kitab hukum masa kaisar Yustinianus abad 6 masehi. Kaisar Yustinianus mengkodifikasikan (membukukan) hukum-hukum Romawi dari kaisar-kaisar yang memerintah sebelumnya. Kodifikasi hukum itu disebut Corpus Yuris atau Codex Yustinianus. Codex berisi kumpulan hukum dasar atau konstitusi sejak jaman Theodosius. Selain Codex ada Pandect yaitu kumpulan pendapat para ahli hukum.
Codex Yustinianus dijadikan dasar penyusunan Codex Napoleon yang dikembangkan lebih lanjut menjadi hukum modern hingga sekarang.

Sampai di sini uraian tentang peninggalan budaya Romawi.Apakah Anda sudah paham? Bagaimana kesan Anda mengenai peradaban Romawi? Apakah kemajuan peradaban Romawi dapat disetarakan dengan Romawi? Cobalah tuliskan pemahaman Anda dengan menjelaskan kembali pengertian-pengertian di bawah ini.
1.      Kehebatan bangsa Romawi dibandingkan dengan Yunani dalam seni bangunan adalah ...
2.      Peninggalan bangunan keagamaan yang memiliki kesamaan fungsi untuk pemujaan di Yunani adalah ... Romawi ...
3.      Tembok pertahanan atau Limes memiliki kesamaan fungsi dengan bangunan serupa di negara ...
4.      Colloseum adalah ...
5.      Wiracarita Aeneas karya Vergelius dapat disetarakan dengan karya besar jaman Yunani berjudul ... karangan ...
6.      Wiracarita Aeneas karya Vergelius dapat disetarakan dengan karya besar jaman Yunani berjudul ... karangan ...
7.      Militerisme di Romawi menyerupai kehidupan militer di Yunani terutama Polis ...
8.      Negarawan Yunani dan Romawi yang mengembangkan hukum adalah ...

Tidak sulit bukan? Kini cocokkan jawaban Anda dengan keterangan berikut ini:
1.      Sistem beton
2.      Yunani : kuil Partenon, Romawi Pantheon
3.      Cina.
4.      Bangunan seperti stadion untuk berbagai pertunjukan dan hiburan misalnya: Gladiator, perkelahian singa dengan manusia dan lain-lain.
5.      Illiad dan Odyssal karangan Homerus
6.      Atom
7.      Sparta
8.      Yunani: Solon dan Perikles, Romawi : Yustinianus
Sudah cocokkah jawaban Anda dengan keterangan di atas? Jika belum,Anda perlu membuka kembali bagian yang mungkin sulit agar segera dapat dipecahkan. Cobalah sekali lagi .
Selamat, Anda telah menyelesaikan belajar pada kegiatan 2 yaitu peradaban Yunani kuno dengan baik.
Untuk mengukur pemahaman Anda terhadap materi pelajaran ini, kerjakanlah latihan soal berikut dengan teliti. Seyogyanya Anda tidak melihat kunci jawabanya sebelum Anda mengerjakan hingga selesai.











KEGIATAN 2
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini!

1.
Laut yang memisahkan Romawi dengan Yunani adalah ...

A. Laut Hitam
C. Laut Ionia


B. Laut Tengah
D. Laut Liguri
E. Laut Sicilia
2.
Sumber sejarah untuk mempelajari peradaban Romawi kuno adalah karya sastra karangan Vergelius berjudul ...

A. Illiad dan Odyssal
C. Magnum Ophus


B. De bello Gallica
D. Metamorphose
E. Aeneas
3.
Konsul adalah badan yang dibentuk pada jaman Republik Romawi yang berfungsi...

A. Memegang kekuasaan ekskutif (pemerintahan)
B. Mengangkat Raja sebagai kepala negara
C. Mengawasi pemerintahan yang dijalankan oleh raja
D. Mewakili daerah dalam memperjuangkan aspirasi rakyat
E. Memberi nasehat yang di butuhkan oleh Raja
4.
Pada masa Republik Romawi berkembanglah peranan masyarakat pedagang dan pengusaha yang disebut ...

A. Optimat
C. Proletar


B. Equites
D. Patricia
E. Plebeya
5.
“Veni, Vidi, Vici” adalah semboyan peperangan yang dikemukakan oleh panglima...

A. Oktavianus
C. Yulius Caesar


B. Antonius
D. Pompeyus
E. Lepidus
6.
Peninggalan penting yang dibangun pada masa kaisar Hadrianus berupa ...

A. Kuil Pantheon
C. Forum Romanzum


B. Colloseum
D. Limes di Inggris
E. Aquaduct
7.
Edik milan tahun 313 berisi pernyataan tentang ...

A. Penetapan agama kristen diakui oleh pemerintah Romawi
B. Penetapan agama kristen sebagai agama negara Romawi
C. Penindasan bangsa-bangsa yang menolak menyembah kaisar
D. Pembebasan bagi para budak untuk memeluk agamanya
E. Pembagian kekaisaran Romawi Barat dan Romawi Timur
8.
Pemimpin para dewa yang disembah oleh bangsa Romawi ialah ...

A. Mars
C. Apollo


B. Mercurius
D. Yupiter
E. Zeus
 9.
Peninggalan bangunan Romawi kuno adalah sebagai berikut, kecuali ..

A. Colloseum
C. Circus maximus


B. Aquaduct
D. Via Apia
E. Kuil Partenon
10.
Kaisar Romawi yang berjasa membukukan hukum dan undang-undang adalah ...

A. Octavianus
C. Marcus Aurelius


B. Yustinianus
D. Theodosius
E. Konstantin

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini .
1.      Jelaskan legenda berdirinya kota Roma.
2.      Jelaskan peristiwa-peristiwa penting pada masa pemerintahan Julius Caisar
3.      Sebutkan 2 orang kaisar Romawi yang termasyur dan uraikan catatan penting yang dilakukan selama pemerintahannya berlangsung.
4.      Jelaskan 3 sebab runtuhnya Romawi Barat
5.      Berikan 4 bukti sumbangan peradaban Romawi kuno yang bermanfaat bagi umat manusia hingga sekarang.
Jika Anda telah menyelesaikan jawaban atas pertanyaan di atas, kemudian cocokanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang telah disediakan.
Berusahalah dan pantang menyerah, tentu Anda akan meraih sukses.


RANGKUMAN

Selamat, Anda telah selesai mempelajari modul 5 tentang peradaban kuno di Eropa yang bersumber pada peradaban Yunani kuno dan Romawi kuno. Setelah kurang lebih 8 jam pelajaran 8 x 45 menit Anda mempelajri modul ini, tentu Anda sudah memahami pertumbuhan dan perkembangan sampai kemunduran peradaban Eropa Kuno, dengan baik.
Beberapa hal penting yang sudah Anda pelajari dari isi modul ini adalah:
A.    Peradaban Yunani kuno yang meliputi peradaban pulau kreta, kehidupan masyarakat Yunani, sistem pemerintahan, sistem kepercayaan, beberapa peninggalan bangsa Yunani serta masa akhir kejayaan Yunani. Dengan mempelajari peradaban Yunani kuno, banyak hal yang telah Anda pahami antara lain watak bangsa Yunani yang kritis sehingga banyak melahirkan berbagai ahli filsafat dan ilmu pengetahuan serta peninggalan budaya pada umumnya. Bercermin pada kehidupan bangsa Yunani tersebut, kita perlu menyadari betapa pentingnya menuntut ilmu untuk meningkatkan prestasi dan harkat martabat kita selaku umat manusia
B.     Peradaban Romawi kuno yang meliputi kehidupan masyarakat Romawi, sistem pemerintahan Romawi, kepercayaan bangsa Romawi dan bagian terakhir yaitu beberapa hasil peninggalan budaya Romawi.
Dengan mempelajari sistem pemerintahan Romawi menujukkan adanya tindakan-tindakan yang kejam antara lain kaisar Nero.Tindakan yang demikian jelas harus dicegah karena tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan yang kita junjung tinggi. Nilai saling mengasihi perlu kita pupuk dan kita wujudkan bagi sesama umat manusia sehingga akan tercipta semangat kekeluargaan serta perdamaian.















DAFTAR ISTILAH

Codex                               :     Kitab hukum

Colomus                            :     Petani Yunani

Ephon                                :     Penasehat raja di Polis Sparta

Gladiator                           :     Perkelahian manusia dengan manusia sebagai tontonan yang menarik di Romawi.

Hellenisme                        :     Pencampuran unsur budaya Yunani Macedonia dengan budaya setempat di Timur yang melahirkan sebuah budaya baru.

Imperium                           :     Kerajaan atau kekaisaran.

Legenda                            :     Cerita rakyat yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Mensana Incorporesano    :     Semboyan bangsa Romawi yang berarti dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Mitologi                            :     Ilmu yang memelajari tentang sastra yang menceritakan dongeng kehidupan dewa-dewi suatu bangsa.

Ostracon                            :     Pecahan pot dari tanah liat yang biasa dipakai untuk menuliskan nama seseorang yang dianggap membahayakan di Romawi.

Pantheon                           :     Kuil agung tempat bersemayam dewa-dewi di Romawi.

Spekulum                          :     Alat kedokteran untuk memeriksa bagian dari ibu yang mengandung.


DAFTAR PUSTAKA

 

1.      Achadiati S.Y, 1993,SejarahPeradabanManusia, jaman Kreta, C.V. Multiguna, Jakarta.

2.      Bowra, C.m, 1985, Yunani klasik, Tira Pustaka, Jakarta.

3.      Chalid Latif dan Irwin Lay, 1994, Atlas Sejarah Indonesia dan Dunia, P.T. Pembina peraga, Jakarta.

4.      Cincia Valigi, 1990, Rome and Vatican, Plurigraf, Narni Terni, Italia.

5.      Daldjoeni N, 1987, Geografi Kesejarahan I, Penerbit Alumni Bandung.

6.      Edhie Wurjantoro, 1996, Sejarah Nasonal dan Umum I, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

7.      I wayan Badrika, 2000, Sejarah Nasional Indonesia dan Umum, Penerbit Erlangga Jakarta.

8.      Moses Hadas, 1983, Roma Masa Kekaisaran, Tira Pustaka, Jakarta.

9.      Muhammad Yamin, 1956, Lukisan Sejarah, Jambatan, Jakarta.

10.    Nico Thamiend R, 2000, Sejarah Untuk Kelas I SMU, Penerbit Yudhistira, Jakarta.

11.    Sardiman A.M dan Sri Kusriyantinah, 1995, Sejarah Nasioal dan Umum IB, Kendangsari, Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar